Pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E dipadu dengan think pair share terhadap hasil belajar kognitif materi hidrolisis garam pada peserta didik kelas XI matematika ilmu alam SMA Megeri 02 Batu / Lila Fasilah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E dipadu dengan think pair share terhadap hasil belajar kognitif materi hidrolisis garam pada peserta didik kelas XI matematika ilmu alam SMA Megeri 02 Batu / Lila Fasilah

Fasilah, Lila (2016) Pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E dipadu dengan think pair share terhadap hasil belajar kognitif materi hidrolisis garam pada peserta didik kelas XI matematika ilmu alam SMA Megeri 02 Batu / Lila Fasilah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fasilah Lila. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Dipadu dengan Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Kognitif Materi Hidrolisis Garam Pada Peserta Didik Kelas XI Matematika Ilmu Alam SMA Negeri 02 Batu. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Muhammad Su aidy M.Pd. (II) Evi Susanti S.Si. M.Si. Kata kunci Learning Cycle 5E-Think Pair Share hasil belajar kognitif hidrolisis garam Hasil belajar kimia peserta didik di SMA Negeri 02 Batu pada materi Hidrolisis Garam tahun pelajaran 2014/2015 menunjukkan bahwa banyak peserta didik yang memiliki nilai di bawah KKM. Hal ini dapat dilihat dari nilai ketuntasan peserta didik dimana 67% peserta didik mendapat nilai di bawah KKM pada materi Hidrolisis Garam. Oleh karena itu untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik diperlukan inovasi dalam memilih dan menerapkan model pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran Learning Cycle 5E yang dipadukan dengan Think Pair Share. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui keterlaksanaan langkah-langkah pembelajaran model Learning Cycle 5E-Think Pair Share dan ekspositori (2) mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif antara peserta didik yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E-Think Pair Share dengan yang dibelajarkan menggunakan ekspositori. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimental semu. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas XI MIA 3 dengan 31 peserta didik sebagai kelas eksperimen (kelas Learning Cycle 5E-Think Pair Share) dan kelas XI MIA 4 dengan 31 peserta didik sebagai kelas kontrol (kelas ekspositori). Instrumen yang digunakan berupa instrumen perlakuan (silabus RPP dan LKS) dan instrumen pengukuran (soal tes hasil belajar kognitif dan lembar observasi). Tes hasil belajar kognitif terdiri dari 25 butir soal yang valid dengan nilai reliabilitas 0 88. Data keterlaksanaan pembelajaran dianalisis menggunakan analisis deskriptif dengan teknik persentase. Data hasil belajar kognitif dianalisis untuk menguji hipotesis penelitian menggunakan uji-t dengan menggunakan bantuan program SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterlaksanaan langkah-langkah pembelajaran model Learning Cycle 5E-Think Pair Share pada kelas eksperimen dapat terlaksana dengan sangat baik (97%) dan ekspositori pada kelas kontrol terlaksana dengan kategori sangat baik (94%) (2) terdapat perbedaan hasil belajar kognitif antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jika dilihat nilai rata-ratanya nilai rata-rata hasil belajar kognitif kelas eksperimen lebih tinggi (78 84) daripada kelas kontrol ( 72 25). Dengan demikian dapat disimpulkan lebih lanjut bahwa hasil belajar kognitif peserta didik yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E-Think Pair Share lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar kognitif peserta didik yang dibelajarkan menggunakan ekspositori.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22266

Actions (login required)

View Item View Item