Pengembangan media digital pembelajaran kimia berbasis android pada materi asam basa untuk SMA/MA kelas XI / Khusnul Maulidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media digital pembelajaran kimia berbasis android pada materi asam basa untuk SMA/MA kelas XI / Khusnul Maulidah

Maulidah, Khusnul (2016) Pengembangan media digital pembelajaran kimia berbasis android pada materi asam basa untuk SMA/MA kelas XI / Khusnul Maulidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Maulidah Khusnul. 2016. Pengembangan Media Digital Pembelajaran Kimia pada Materi Asam Basa Berbasis Android Untuk SMA/MA Kelas XI. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H. Parlan M.Si dan (2) Dr. Sumari M.Si. Kata kunci pembelajaran kimia media pembelajaran mobile learning multimedia materi asam basa Sebagian besar materi kimia bersifat abstrak karena memiliki ciri khas yang meliputi atom ion elektron dan ikatan kimia yang merujuk pada tingkat molekuler atau submikroskopik dari suatu materi. Kajian materi kimia mencakup tiga aspek representasi yaitu makroskopis submikroskopis dan symbol. Salah satu materi kimia yang mencakup ketiga aspek tersebut adalah materi asam basa sehingga materi asam basa dianggap sulit oleh siswa. Hal ini didasarkan hasil studi literatur terhadap pemahaman peserta didik pada materi asam basa ditemukan kesulitan dalam memahami materi. Hal tersebut bisa terjadi karena bahan ajar yang digunakan belum menggambarkan aspek submikroskopis dari materi. Untuk memudahkan siswa belajar materi asam basa perlu dibuat suatu media pembelajaran yang dapat memvisualisasikan aspek submikroskopis materi dengan adanya video dan animasi. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran interaktif menggunakan aplikasi Adobe Flash Professional CS6 untuk sistem operasi android. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan media digital pembelajaran berbasis android dikembangkan berdasarkan model 4-D yang direkomendasikan oleh Thiagarajan et al (1974). Model 4-D terdiri atas empat tahap pengembangan yaitu Define (pendefinisian) Design (perancangan) Develop (pengembangan) dan Desseminate (penyebaran). Pada pengembangan media ini hanya dilakukan sampai tahap ketiga yaitu develop (pengembangan) karena keterbatasan waktu. Media pembelajaran yang dikembangkan ini berupa multimedia interaktif yang dibuat dengan aplikasi Adobe Flash professional CS6 yang dapat digunakan pada mobile phone dengan system operasi android versi minimal 2 3 ginger bread. Proses validasi dilakukan oleh seorang dosen Jurusan Kimia Universitas Negeri Malang dan dua orang guru kimia SMA/MA. Setelah itu media ini diujicobakan pada 10 peserta didik MAN 3 Malang kelas XI peminatan IPA. Pada penelitian pengembangan ini telah berhasil dikembangkan media digital pembelajaran kimia berbasis android pada materi asam basa yang dapat dioperasikan pada handphone dengan sistem operasi android dengan baik. Media pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid atau layak digunakan sebagai media pembelajaran tambahan pada materi asam basa untuk siswa SMA/Ma kelas XI. Hal ini didasarkan hasil validasi media diperoleh persentase rata-rata 86 33% menunjukkan bahwa media memenuhi kriteria sangat layak. Hasil validasi materi diperoleh persentase rata-rata 87 31 % menunjukkan bahwa materi dalam media memenuhi kriteria sangat layak. Jajak pendapat dari 10 peserta didik MAN 3 Malang kelas XI peminatan IPA diperoleh persentase rata-rata 84 75% menunjukkan kriteria sangat baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22265

Actions (login required)

View Item View Item