Pengembangan bahan ajar materi kelarutan dan hasil kali kelarutan menggunakan pendekatan saintifik untuk siswa SMA/MA kelas XI semester 2 / Zulfa Anifatul Choiriyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar materi kelarutan dan hasil kali kelarutan menggunakan pendekatan saintifik untuk siswa SMA/MA kelas XI semester 2 / Zulfa Anifatul Choiriyah

Choiriyah, Zulfa Anifatul (2016) Pengembangan bahan ajar materi kelarutan dan hasil kali kelarutan menggunakan pendekatan saintifik untuk siswa SMA/MA kelas XI semester 2 / Zulfa Anifatul Choiriyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Choiriyah Zulfa Anifatul. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Materi Kelarutan dan Hasil kali Kelarutan Menggunakan Pendekatan Saintifik untuk Siswa SMA Kelas XI semester 2. Skripsi Program Studi Pendidikan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Endang Budiasih M.S. (2) Dra. Dedek Sukarianingsih M.Pd. M.Si. Kata kunci bahan ajar kelarutan dan hasil kali kelarutan pendekatan saintifik Pembelajaran kimia pada umumnya masih bersifat konvensional. Pengetahuan hanya dipindahkan begitu saja dari guru ke siswa atau pembelajaran lebih mengarah pada guru (teacher centered).Proses pembelajaran kimia sebaiknya dilakukan dengan menggunakan pendekatan yang mengarah pada proses penemuan konsep tidak hanya fokus pada perolehan hasil.Pendekatan yang sesuai adalah pendekatan saintifik. Salah satu materi yang diajarkan pada siswa SMA kelas XI semester 2 adalah kelarutan dan hasil kali kelarutan. Materi tersebut bersifat abstrak melibatkan perhitungan matematis dan penggunaan rumus bervariasi.Tingkat pemahaman siswa terhadap materi tersebut tergolong rendah sehingga perlu adanya peningkatan kualitas penyajian materi. Salah satunya adalah dengan pengadaan bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik pendekatan saintifik dalam kurikulum 2013.Beberapa buku kimia yang telah mencantumkan logo kurikulum 2013 belum sepenuhnya sesuai dengan kurikulum 2013. Materi disajikan secara naratif dan belum menuntunsiswa untuk mengkonstruksi konsep secara mandiri. Oleh karena itu penelitian pengembangan inibertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui tingkat kelayakan bahan ajar materi kelarutan dan hasil kali kelarutan menggunakan pendekatan saintifik untuk siswa SMA kelas XI semester 2. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam bahan ajar diadaptasi dari model pengembangan four-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan Semmel and Semmel (1974). Model pengembangan four-D terdiri atas 4 tahapan pengembangan yaitu (1) mendefinisikan (define) (2) merancang (design) (3) mengembangkan (develop) (4) menyebarluaskan (disseminate). Pada pengembangan ini hanya dilakukan sampai tahap ketiga karena adanya keterbatasan waktu dan biaya. Penilaian bahan ajar dilakukan melalui uji validasi oleh satu dosen kimia dan dua guru kimia SMA. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif berdasarkan angket penilaian dan data kualitatif melalui komentar atau saran dari validator. Penilaian meliputi tiga aspek yaitu kelayakan isi tata letak dan bahasa yang digunakan. Produk yang dihasilkan berupa bahan ajar materi kelarutan dan hasil kali kelarutan menggunakan pendekatan saintifik. Bahan ajar hasil pengembangan terdiri dari 6 kegiatan belajar dan mempunyai tahapan mengamati menanya mengumpulkan data mengasosiasi dan mengkomunikaskan. Berdasarkan hasil validasi bahan ajar diperoleh persentase sebesar 91 05% dengan kriteria sangat layak sedangkan dari uji keterbacaan oleh siswa diperoleh persentase 92 64% dengan kriteria sangat layak . Dengan demikian bahan ajar ini memenuhi kriteria sangat layak digunakan sebagai bahan ajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22264

Actions (login required)

View Item View Item