Pengembangan bahan ajar materi kesetimbangan kimia menggunakan pendekatan saintifik 5M untuk siswa SMA kelas XI / Yuneta Dwi Yunisari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar materi kesetimbangan kimia menggunakan pendekatan saintifik 5M untuk siswa SMA kelas XI / Yuneta Dwi Yunisari

Yunisari, Yuneta Dwi (2016) Pengembangan bahan ajar materi kesetimbangan kimia menggunakan pendekatan saintifik 5M untuk siswa SMA kelas XI / Yuneta Dwi Yunisari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yunisari Yuneta Dwi. Pengembangan Bahan Ajar Materi Kesetimbangan Kimia Menggunakan Pendekatan Saintifik 5M untuk Siswa SMA Kelas XI. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Dermawan Afandy M.Pd. (II) Muntholib S.Pd M.Si. Kata Kunci pengembangan bahan ajar kesetimbangan kimia pendekatan saintifik 5M Kurikulum 2013 menetapkan pendekatan saintifik sebagai pendekatan pembelajaran. Dalam kurikulum ini metode ilmiah disederhanakan menjadi lima langkah pembelajaran yang disebut sebagai lima pengalaman belajar. Konsekuensi dari penetapan pendekatan saintifik sebagai standar proses pembelajaran adalah dibutuhkannya bahan ajar yang mengacu pada pendekatan saintifik. Beberapa bahan ajar sudah dikembangkan untuk memenuhi tuntutan Kurikulum 2013. Namun beberapa bahan ajar tersebut belum sepenuhnya mencerminkan pendekatan saintifik sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013 khususnya bahan ajar dengan materi kesetimbangan kimia yang merupakan salah satu materi pokok pembelajaran kimia yang tercantum pada KD 3.9 dan 4.9. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar materi kesetimbangan kimia menggunakan pendekatan saintifik 5M untuk siswa kelas XI yang valid dari sisi isi bahasa sistematika penyajian dan tampilan. Pengembangan bahan ajar ini dilakukan dengan menerapkan model pengembangan Four-D (Thiagarajan 1974). Menurut model ini pengembangan bahan ajar dilakukan melalui 4 tahapan yakni tahap define design develop dan disseminate. Namun pada pengembangannya hanya akan dilakukan tahap define design dan develop. Validasi pengembangan bahan ajar ini akan diperoleh data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh berdasarkan skor angket yang disusun dalam skala Likert. Data kualitatif diperoleh berdasarkan komentar dan saran perbaikan yang diisi oleh validator ahli yakni dosen Jurusan Kimia dan guru kimia serta pada uji keterbacaan yang dilakukan oleh 10 siswa kelas XI. Dari perolehan data kuantitatif kemudian dianalisis menggunakan teknik persentase penilaian. Hasil perhitungan persentase penilaian yang diperoleh digunakan sebagai landasan dalam pengambilan keputusan lebih lanjut terhadap revisi produk yang disesuaikan dengan jenjang kriteria interpretasi skor penilaian bahan ajar untuk mengetahui tingkat kelayakan bahan ajar. Spesifikasi bahan ajar yang dikembangkan berupa buku siswa yang berbasis pendekatan saintifik 5M. Hasil validasi bahan ajar diperoleh nilai rata-rata (1) kelayakan isi sebesar 94 79% (2) kelayakan bahasa sebesar 86 67% (3) kelayakan sistematika penyajian sebesar 93 33% dan (4) kelayakan tampilan sebesar 91 67% yang menunjukkan bahan ajar berkategori sangat layak. Sedangkan uji keterbacaan bahan ajar memperoleh persentase rata-rata penilaian sebesar 83 50%. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa bahan ajar materi kesetimbangan kimia menggunakan pendekatan saintifik 5M layak untuk diterapkan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22261

Actions (login required)

View Item View Item