Penerapan kombinasi blended learning dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIA SMAN 2 Batu pada materi larutan penyangga / Indra Hadi Pratama

Pratama, Indra Hadi (2016) Penerapan kombinasi blended learning dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIA SMAN 2 Batu pada materi larutan penyangga / Indra Hadi Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pratama, Indra Hadi. 2015. Penerapan Kombinasi Blended Learning Dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIA SMAN 2Batu Pada Materi Larutan Penyangga. Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Surjani Wonorahardjo, Ph.D., (2) Dr. Irma Kartika Kusumaningrum, S.Si., M.Si. Kata Kunci: inkuiri terbimbing, blended learning, larutan penyangga, hasil belajar, persepsi siswa. Perkembangan teknologi telah dimanfaatkan dalam berbagai bentuk kegiatan pembelajaran untuk mengoptimalkan hasil belajar, bahkan sekarang pembelajaran dapat dilakukan melalui internet (online) dan tidak lagi selalu disyaratkan untuk melakukan pertemuan tatap muka antara guru dengan murid. Pembelajaran secara itu dapat dilakukan dengan menggabungkan dua metode pembelajaran, yaitu online dan face-to-face yang kemudian dikenal dengan blended learning. Dengan mengkombinasikan blended learning dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing yang sangat baik dalam pembentukan konsep siswa, diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah perbedaan hasil belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan kombinasi blended learning dan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan siswa yang dibelajarkan dengan inkuiri terbimbing saja. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan mengetahui bagaimana persepsi siswa tentangblended learning. Penelitian dirancang menggunakan desain penelitian deskriptif dan eksperimen semu dengan posttest only control group design.Populasi penelitian yang digunakan adalah semua siswa kelas XI MIA SMAN 2 Batu dengan sampel yang dipilih dengan teknik cluster random sampling melalui dua kali pengundian. Data yang dikumpulkan berupa nilai tugas harian, nilai ulangan harian dan angket. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa: (1) Siswa yang dibelajarkan dengan kombinasi blended learning dan model pembelajaran inkuiri terbimbing memperoleh peningkatan ulangan harian lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing saja. Pengaruh yang dihasilkan oleh blended learning sangat dipengaruhi oleh persepsi siswa terhadap model pembelajaran. Siswa yang menyukai blended learning memperoleh hasil belajar lebih tinggi dibandingkan siswa menyukai pembelajaran konvensional. (2) 75% siswa yang dibelajarkan dengan kombinasi blended learning dan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih menyukai blended learning dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Sep 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22258

Actions (login required)

View Item View Item