Pengaruh pendekatan scientific-chemoentrepreneurship (Saintifik-CEP) pada pokok bahasan hidrokarbon terhadap minat berwirausaha, motivasi dan hasil belajar kognitif / Norma Wahyu Tri Mentari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pendekatan scientific-chemoentrepreneurship (Saintifik-CEP) pada pokok bahasan hidrokarbon terhadap minat berwirausaha, motivasi dan hasil belajar kognitif / Norma Wahyu Tri Mentari

Mentari, Norma Wahyu Tri (2016) Pengaruh pendekatan scientific-chemoentrepreneurship (Saintifik-CEP) pada pokok bahasan hidrokarbon terhadap minat berwirausaha, motivasi dan hasil belajar kognitif / Norma Wahyu Tri Mentari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mentari Norma Wahyu Tri. 2016.PengaruhPendekatan Scientific-Chemoentrepreneurship (Saintifik-CEP) padaPokokBahasanHidrokarbonterhadapMinatBerwirausaha Motivasi danHasilBelajarKognitif.Skripsi Program Studi Pendidikan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang.Pembimbing (1)Drs. H. Ridwan Joharmawan M.Si.(2) Eli HendrikSanjaya S.Si M.Si. Kata kunci .hidrokarbon saintifik chemoentrepreneurship Mengembangkan jiwa kewirausahaan melalui dunia pendidikan sangat penting karena pendidikan adalah agen perubahan yang diharapkan dapat menanamkan karakter maupun semangat berwirausaha. Materi hidrokarbon memiliki konsep-konsep abstrak yang harus dipahamisiswa namunpembelajaran yang umumdilakukanmasihkonvesionalsehinggasiswasulitmemahamimateri.Disisi lain penerapan kontekstual dari materi hidrokarbon banyak dijumpai dalam berbagai produk.Pendekatansaintifik-CEP merupakanpendekatan yang dapatdigunakanuntukmemperolehpemahamanmaterisekaligusketerampilanberwirausahapadasiswa.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhpendekatansaintifik-CEP terhadapminatberwirausaha motivasidanhasilbelajarkognitifsiswa. Rancangan penelitianyang digunakanadalahPosttest Only Control Group Design.Populasipadapenelitianiniadalahdelapankelas program keahlianteknologidanrekayasa SMKN 6 Malang. Pengambilansampeldilakukandenganteknikcluster random sampling. Kelas yang digunakanuntuksampeladalahkelas XI OTO2 sebagaikelaseksperimendankelas XI MP1 sebagaikelaskontrol.Instrumen pengukuran hasil perlakuan terdiri atas lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran soal posttest angket minat berwirausaha dan angket motivasi belajar.Sebelum digunakan soal posttest angket minat berwirausaha dan angket motivasi belajar dihitung validitas dan reliabilitasnya. Data keterlaksanaan pembelajaran dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Sedangkan data minat berwirausaha motivasi belajar dan hasil belajar kognitif siswa diuji hipotesis dengan uji Independent Sample t-Testdan dihitung besar kontribusirelatifnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan pembelajaran kimia materi hidrokarbon dengan pendekatan saintifik-CEP berlangsung dengan kriteria sangat baik dengan rata-rata pencapaian keterlaksanaan 97 58% (2) Terdapatpengaruhpendekatansaintifik-CEP terhadapminatberwirausahadengankontribusirelatifkategorisedang siswa yang dibelajarkandenganpendekatansaintifik-CEP memilikiskorminatberwirausaha yang lebihtinggidibandingkansiswa yang dibelajarkandenganpendekatansaintifik (3) Terdapatpengaruhpendekatansaintifik-CEP terhadapmotivasibelajardengankontribusirelatifkategorisedang siswa yang dibelajarkandenganpendekatansaintifik-CEP memilikiskormotivasibelajar yang lebihtinggidibandingkansiswa yang dibelajarkandenganpendekatansaintifik (4) Terdapatpengaruhpendekatansaintifik-CEP terhadaphasilbelajarkognitifdengankontribusirelatifkategorisedang siswa yang dibelajarkandenganpendekatansaintifik-CEP memilikiskorhasilbelajarkognitif yang lebihtinggidibandingkansiswa yang dibelajarkandenganpendekatansaintifik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22254

Actions (login required)

View Item View Item