Pengembangan bahan ajar tentang unsur golongan halogen berbasis inkuiri terbimbing untuk siswa SMA/MA kelas XII IPA / Fitri Dewi Aisah

Aisah, Fitri Dewi (2016) Pengembangan bahan ajar tentang unsur golongan halogen berbasis inkuiri terbimbing untuk siswa SMA/MA kelas XII IPA / Fitri Dewi Aisah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Aisah, Fitri Dewi. 2016. Pengembangan Bahan Ajar tentang Unsur Golongan Halogen Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Siswa SMA/MA Kelas XII IPA. Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. I Wayan Dasna, M.Si., M.Ed., Ph.D. (II) Drs. Darsono Sigit, M.Pd. Kata kunci: unsur golongan halogen, bahan ajar, inkuiri terbimbing, model 4-D Pembelajaran kimia pada kurikulum 2013 menggunakan pendekatan saintifik yaitu pendekatan yang dilakukan melalui proses mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan. Untuk mengimplementasikan kurikulum 2013 diperlukan sumber belajar antara lain bahan ajar. Paparan materi unsur golongan halogen pada bahan ajar yang ada saat ini masih bersifat deskriptif informatif. Hal tersebut membuat siswa tidak tertarik dan cenderung menghafal materi unsur golongan halogen sehingga pemahaman siswa tidak bertahan lama, selain itu bahan ajar yang bersifat deskriptif informatif tersebut membuat guru kesulitan mengimplementasikan kurikulum 2013 dengan pendekatan saintifik. Oleh karena itu, diperlukan bahan ajar berbasis inkuiri terbimbing sehingga guru akan terdorong untuk membelajarkan kimia secara inkuiri. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengembangkan bahan ajar tentang unsur golongan halogen berbasis inkuiri terbimbing untuk siswa SMA/MA kelas XII IPA dan mengetahui tingkat kelayakannya. Penelitian pengembangan bahan ajar unsur golongan halogen berbasis inkuiri terbimbing ini menggunakan rancangan model 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan et al. (1974) terdiri dari 4 tahap, yaitu: (1) pendefinisian (define), (2) perancangan (design), (3) pengembangan (develop), dan (4) penyebaran (disseminate). Penelitian ini hanya dilakukan pada tahap pertama sampai tahap ketiga, sedangkan pada tahap keempat disseminate tidak dilakukan karena keterbatasan waktu, tenaga, dan biaya penelitian. Bahan ajar yang telah dikembangkan kemudian dilakukan validasi oleh 3 validator, yaitu satu dosen kimia UM dan dua guru kimia SMA. Validasi dilakukan menggunakan instrument berupa angket dengan rubik penilaian menggunakan skala Likert disertai lembar pengisian komentar serta saran dari validator. Produk hasil pengembangan terdiri dari buku siswa dan buku guru. Berdasarkan hasil validasi, bahan ajar buku siswa diperoleh sebesar 88,6% (kategori sangat valid) dan buku guru diperoleh sebesar 88,2% (kategori sangat valid), sedangkan hasil uji keterbacaan diperoleh sebesar 80,7% (kategori sangat valid). Dari hasil validasi tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan di SMA/MA. Produk bahan ajar hasil pengembangan diharapkan mampu mendorong diterapkannya kurikulum 2013 dengan pendekatan saintifik dan disarankan untuk dilakukan uji empiris atau uji efektivitas sehingga akan diketahui efektifitas bahan ajar bila diterapkan pada proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22251

Actions (login required)

View Item View Item