Pengembangan bahan ajar sifat koligatif larutan berbasis kontekstual menggunakan learning cycle 5E untuk siswa kelas XII SMA / Rikka Esthi Pratiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar sifat koligatif larutan berbasis kontekstual menggunakan learning cycle 5E untuk siswa kelas XII SMA / Rikka Esthi Pratiwi

Pratiwi, Rikka Esthi (2016) Pengembangan bahan ajar sifat koligatif larutan berbasis kontekstual menggunakan learning cycle 5E untuk siswa kelas XII SMA / Rikka Esthi Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pratiwi Rikka Esthi. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Sifat Koligatif Larutan Berbasis Kontekstual Menggunakan Learning Cycle 5E untuk Siswa Kelas XII SMA. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Ida Bagus S M.S (II) Drs. M. Shodiq Ibnu M.Si. Kata Kunci pengembangan bahan ajar sifat koligatif larutan kontekstual Learning Cycle 5E. Bahan ajar merupakan salah satu faktor yang dapat mendukung siswa dalam belajar kimia. Berdasarkan hasil analisis pada beberapa buku teks pada pokok bahasan sifat koligatif larutan banyak yang langsung menjelaskan tentang pengertian sifat koligatif dan jenis-jenisnya kemudian menuliskan rumus dari jenis sifat koligatif tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa buku teks kurang melatih peserta didik untuk mengkonstruk konsep namun langsung memberi tahu siswa. Berdasarkan penelitian dengan menggunakan learning cycle dapat meningkatkan keefektifan belajar dan prestasi akademik yang diajarkan dalam laboratorium sedangkan dengan pembelajaran kontekstual maka siswa dapat lebih mudah memahami. Oleh karena itu diperlukan bahan ajar yang sesuai untuk mempelajari pokok bahasan sifat koligatif larutanyaitu berbasis kontektual dengan menggunakan learning cycle 5E. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkanbahan ajar sifat koligatif larutan berbasis kontekstual menggunakan Learning Cycle 5E dan untuk mengetahuikelayakan dari bahan ajar tersebut. Pengembangan bahan ajar sifat koligatif larutan berbasis kontekstual menggunakan model pembelajaran Learning Cycleini menggunakan metode penelitian dan pengembangan model 4D(4D-Model) yang dikembangkan oleh Sivasailam Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahap yaitu Define Design Develop Disseminate. Namun pengembangan bahan ajar ini hanya dilakukan sampai pada tahap ketiga yaitu tahap Develop karena keterbatasan waktu. Tahapan yang dilakukan pada Develop sampai pada validasi ahli dan uji keterbacaan kemudian dilakukan revisi. Pada pengembangan ini validasi yang dilakukan terdiri dari 3 bagian yaitu RPP Buku Guru dan Buku Siswa. berdasarkan hasil analisis data kuantitatif rata-rata skor validasi RPP adalah 89 00% yang menunjukkan bahwa RPP yang dikembangkan tergolong sangat valid. Rata-rata skor validasi Buku Guru adalah 85 14% yang menunjukkan bahwa Buku Guru yang dikembangkan tergolong sangat valid sedangkan skor rata-rata validasi Buku Siswa adalah 81 51% yang menunjukkan bahwa Buku siswa yang dikembangkan tergolong cukup valid. Skor rata-rata untuk uji keterbacaan siswa adalah 83 41% yang menunjukkan bahwa Buku siswa yang dikembangkan cukup mudah dipahami. Hasil ini menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan tergolong baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22248

Actions (login required)

View Item View Item