Pengembangan bahan ajar materi kimia unsur golongan alkali dan alkali tanah berbasis inkutri terbimbing untuk siswa SMA/MA kelas XII / DebyPuspita - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar materi kimia unsur golongan alkali dan alkali tanah berbasis inkutri terbimbing untuk siswa SMA/MA kelas XII / DebyPuspita

Puspita, Deby (2016) Pengembangan bahan ajar materi kimia unsur golongan alkali dan alkali tanah berbasis inkutri terbimbing untuk siswa SMA/MA kelas XII / DebyPuspita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Puspita Deby. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Materi Kimia Unsur Golongan Alkali Dan Alkali Tanah Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Siswa SMA/ MA Kelas XII. Skripsi Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. I Wayan Dasna M.Ed. M.Si. Ph.D (II) Drs. Ida Bagus Suryadharma M.S. Kata Kunci Bahan Ajar Inkuiri Terbimbing Unsur Alkali dan Alkali Tanah Pembelajaran kimia pada kurikulum 2013 menggunakan pendekatan saintifik. Pendekatan saintifik pada kurikulum 2013 digunakan untuk meningkatkan kemampuan spiritual sikap kognitif dan psikomotor secara seimbang. Keberhasilan Kurikulum 2013 tidak hanya ditentukan oleh model pembelajaran namun juga ditentukan oleh bahan ajar yang digunakan. Bahan ajar merupakan salah satu komponen dalam pembelajaran. Bahan ajar materi golongan alkali dan alkali tanah yang dibutuhkan adalah bahan ajar yang menyajikan fakta dan konsep yang sesuai dengan kurikulum 2013 yaitu inkuiri terbimbing. Hasil analisis terhadap 2 bahan ajar menunjukkan bahwa penyajian materi golongan alkali dan alkali tanah secara deskriptif tidak membantu guru dalam membelajarkan kimia sehingga bahan ajar tersebut kurang menarik minat peserta didik. Tujuan dari penelitian pengembangan bahan ajar adalah (1) menghasilkan bahan ajar materi kimia unsur golongan alkali dan alkali tanah berbasis inkuiri terbimbing dan (2) mengetahui kelayakan bahan ajar materi kimia unsur golongan alkali dan alkali tanah berbasis inkuiri terbimbing. Penelitian pengembangan menggunakan model rancangan 4D yang terdiri dari pendefinisian perancangan pengembangan dan penyebaran. Pada penelitian pengembangan ini tahap penyebaran tidak dilakukan. Validasi dilakukan oleh 3 validator yaitu seorang dosen kimia dan dua guru kimia SMA/ MA. Uji keterbacaan dilakukan pada 10 orang peserta didik SMA Negeri 1 Sumberpucung. Instrumen validasi dan uji keterbacaan menggunakan angket. Klasifikasi angket validasi dan uji keterbacaan menggunakan kriteria tertentu. Hasil pengembangan berupa bahan ajar kimia unsur golongan alkali dan alkali tanah berbasis inkuiri terbimbing yang terbagi menjadi 2 buku yaitu Buku Siswa dan Buku Pedoman Guru. Karakteristik bahan ajar tersebut antara lain (1) menggunakan model inkuiri terbimbing (2) dilengkapi video penunjang bahan ajar yang dikemas dalam bentuk Compactdisk (CD) (3) penyajian materi menggunakan alur pembelajaran yang berurutan dan (4) disajikan fakta-fakta yang banyak dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor hasil validasi Buku Siswa yaitu 81 6% dan Buku Pedoman Guru yaitu 83 3% yang dikategorikan sangat layak. Skor hasil uji keterbacaan yaitu 81 2% yang dikategorikan sangat layak. Produk hasil pengembangan diharapkan dapat mendukung implementasi kurikulum 2013 yaitu menggunakan inkuiri terbimbing dan disarankan untuk diuji secara empiris sehingga peneliti lain dapat mengetahui keefektifan bahan ajar bila diterapkan dalam pembelajaran kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22247

Actions (login required)

View Item View Item