Pengaruh penggunaan lembar Study History Sheet (SHS)-model pembelajaran learning cycle 3 fase pada materi koloid terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA SMAN 7 Malang / Devid Purmita - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan lembar Study History Sheet (SHS)-model pembelajaran learning cycle 3 fase pada materi koloid terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA SMAN 7 Malang / Devid Purmita

Purmita, Devid (2016) Pengaruh penggunaan lembar Study History Sheet (SHS)-model pembelajaran learning cycle 3 fase pada materi koloid terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA SMAN 7 Malang / Devid Purmita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Purmita Devid. 2016.PengaruhPenggunaan Lembar Study History Sheet (SHS)-Model Pembelajaran Learning Cycle 3 Fase pada Materi Koloid terhadapHasil Belajar SiswaKelas XI IPA SMAN 7 Malang. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas MIPA UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. RidwanJoharmawan M.Si. (II)Muntholib S.Pd M.Si. Kata kunci learning cycle 3 fase lembarstudy history sheet hasilbelajar Koloid adalah salahsatumateridalamilmukimia. Materikoloidmerupakanmateri yang berhubungandenganfakta-faktailmiahdalamkehidupansehari-hari sehinggadibutuhkansuatupendekatankonstruktivistik agar siswaaktifdalamkegiatanpembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang berbasis konstruktivistik adalah Learning Cycle 3 Fase. Penelitian yang dilakukan oleh Sulistiani (2010) menunjukkan bahwa hasil belajar siswa SMAN 10 malang yang diajar dengan Learning Cycle 3 Fase lebih tinggi daripada diajar dengan metode konvensional. Penggunaan lembar Study History Sheet pada model pembelajaran Learning Cycle 3 Fase bertujuan untuk lebih memudahkan siswa memahami materi koloid dengan cara membuat rangkuman sesuai dengan idenya sendiri. TujuanpenelitianadalahmengetahuipengaruhpenggunaanlembarStudy History Sheet (SHS) pada model pembelajaranLearning Cycle 3 Faseterhadaphasilbelajarsiswa. Rancanganpenelitian yang digunakanadalahquasy experimental designdenganposttest-only design.Pengambil-ansampeldilakukandenganteknikcluster random sampling. Kelas eksperimen (XI IPA-6) dibelajarkan menggunakan lembar Study History Sheet (SHS)-model pembelajaranLearning Cycle 3 Fase sedangkan kelaskontrol (XI IPA-5) dibelajarkan dengan model pembelajaranLearning Cycle 3 Fase.Intrumenuntukmengambil data hasilbelajaradalahtes ulangan harian dan lembar penilaian afektif.Teknik analisis data penelitian dilakukan dengananalisis statistik dan deskriptif. Pengujianhipotesismengunakanindependent samples t-testpadatingkatsignifikansi 0 05denganbantuan program SPSS 16 for Windows. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa ada pengaruhpenggunaanlembarStudy History Sheet(SHS) pada model pembelajaranLearning Cycle 3Faseterhadaphasil belajar siswakelas XI IPA SMAN 7 Malang.Hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan lembar Study History Sheet (SHS)-model pembelajaran Learning Cycle 3 Fase pada kelas eksperimen lebik baik daripada siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Learning Cycle 3 Fase pada kelas kontrol. Haltersebutdibuktikandengan rata-rata hasilbelajarkognitifsiswakelaseksperimenlebihtinggi (x 773 85 36) dibandingkandengankelaskontrol (x 773 81 66) dan rata-rata hasilbelajarafektifsiswakelaseksperimenlebihtinggi (87 40) dibandingkandengankelaskontrol (82 99).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Mar 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22232

Actions (login required)

View Item View Item