Pengembangan bahan ajar Reaksi Oksidasi Reduksi (Redoks) berbasis inkuiri terbimbing untuk SMA/MA kelas X / Ahmad Gilang Indra Salam - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar Reaksi Oksidasi Reduksi (Redoks) berbasis inkuiri terbimbing untuk SMA/MA kelas X / Ahmad Gilang Indra Salam

Salam, Ahmad Gilang Indra (2016) Pengembangan bahan ajar Reaksi Oksidasi Reduksi (Redoks) berbasis inkuiri terbimbing untuk SMA/MA kelas X / Ahmad Gilang Indra Salam. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Salam Ahmad Gilang Indra. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Reaksi Oksidasi Reduksi (REDOKS) Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk SMA/MA Kelas X . Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Hj. Fauziatul Fajaroh M.S. (2) Drs. H. Dermawan Afandy M.Pd Kata kunci bahan ajar reaksi oksidasi reduksi (redoks) inkuiri terbimbing. Media pembelajaran memiliki peranan penting dalam menentukan keberhasilan proses pendidikan. Pemerintah beserta jajarannya berusaha untuk meningkatkan kualitas pendidikan agar sesuai dengan tuntutan zaman yaitu dengan Kurikulum 2013. Metode pembelajaran inkuiri selaras dengan karakteristik pembelajaran kimia dan pendekatan ilmiah Kurikulum 2013. Pembelajaran kimia semestinya mengedepankan proses penemuan dan pengembangan sikap ilmiah di samping pengetahuan fakta dan penguasaan konsep. Materi ajar redoks merupakan materi kimia yang berkenaan dengan proses yang melibatkan kenaikan dan penurunan bilangan oksidasi. Redoks termasuk ke dalam pelajaran kimia yang relatif sulit dikuasai oleh siswa. Untuk meningkatkan pemahaman peserta didik dalam proses pembelajaran dapat dilakukan dengan memaksimalkan proses pembelajaran antara lain dengan pengembangan bahan ajar berbasis inkuiri terbimbing yang dapat meningkatkan keterampilan proses peserta didik dalam mengkonstruksi konsep. Bahan ajar redoks yang selama ini ada hanya menonjolkan segi-segi kelengkapan materi namun belum menggunakan penyajian materi yang memancing daya pikir peserta didik memancing peserta didik ber-inkuiri dan tidak membiarkan peserta didik untuk mengeksplorasi pengetahuan mereka sehingga cenderung kurang berpikir dan cenderung menghafal. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar reaksi oksidasi reduksi berbasis inkuiri terbimbing untuk SMA/MA kelas X semester I dan untuk mengetahui tingkat kelayakan hasil pengembangan. Model pengembangan bahan ajar dalam penelitian ini menggunakan model 4D (Four D Model) yang terdiri dari (1) tahap membatasi (to define) (2) tahap merancang (to design) (3) tahap mengembangkan (to develop) dan (4) tahap menyebarluaskan (to disseminate). Namun pengembangan bahan ajar ini hanya dilakukan sampai tahap ketiga. Validasi bahan ajar hasil pengembangan dilakukan oleh satu dosen kimia dan dua guru kimia. Data hasil validasi meliputi data kuantitatif dan data kualitatif. Produk hasil pengembangan direvisi sesuai dengan hasil validas. Produk bahan ajar hasil pengembangan adalah bahan ajar reaksi oksidasi reduksi berbasis inkuiri terbimbing untuk SMA/MA kelas X semester I yang tersusun atas dua jenis bahan ajar yaitu bahan ajar untuk guru dan untuk siswa. Berdasarkan hasil validasi diperoleh persentase rata rata kelayakan sebesar 83% yang menggambarkan bahan ajar hasil pengembangan sangat layak digunakan sebagai salah satu sumber belajar baik mandiri ataupun dalam proses belajar mengajar di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Feb 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22231

Actions (login required)

View Item View Item