Identifikasi pemahaman konsep materi Asam-Basa siswa kelas XI IPA SMAN 01 Dolopo Kabupaten Madiun tahun ajaran 2014/2015 / Kerinandhila - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi pemahaman konsep materi Asam-Basa siswa kelas XI IPA SMAN 01 Dolopo Kabupaten Madiun tahun ajaran 2014/2015 / Kerinandhila

Kerinandhila (2016) Identifikasi pemahaman konsep materi Asam-Basa siswa kelas XI IPA SMAN 01 Dolopo Kabupaten Madiun tahun ajaran 2014/2015 / Kerinandhila. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kerinandhila.2015. Identifikasi Pemahaman Konsep Materi Asam-Basa Siswa Kelas XI IPA SMAN 01 Dolopo Kabupaten Madiun Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Dedek Sukarianingsih M.Pd . M.Si (2) Drs. Muhammad Su aidy M. Pd. Kata kunci Identifikasi pemahaman asam-basa Ilmu kimia merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan yang didasarkan pada fakta konsep hukum prinsip serta teori. Pemahaman konsep yang benar oleh siswa akan menentukan kualitas proses belajar selanjutnya sebaliknya pemahaman konsep yang salah akan menimbulkan kesalahan-kesalahan pada penerapan maupun pengembangan konsep selanjutnya. Suatu konsep yang kompleks dalam sains hanya dapat dipahami jika konsep-konsep yang lebih fundamental yang ikut dalam pembentukan konsep baru telah benar-benar dipahami. Pemahaman terhadap konsep asam basa sangat diperlukan karena konsep asam basa ini merupakan fondasi untuk konsep-konsep selanjutnya seperti larutan penyangga dan hidrolisis. Hasil observasi pada siswa kelas XI IPA SMAN 01 Dolopo Kabupaten Madiun menunjukkan bahwa 36 5% siswa masih mendapatkan nilai dibawah KKM (KKM 78) untuk ujian pada materi asam basa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persentase pemahaman siswa terhadap materi teori asam basa. Penelitian menggunakan rancangan penelitian deskriptif. Data dikumpulkan dengan menggunakan soal ujian dan wawancara. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dari kelas XI IPA 4 dan XI IPA 5 yang berjumlah 42 siswa di SMAN 01 Dolopo. Subjek dipilih karena memiliki nilai rata-rata ulangan harian asam basa yang hampir sama. Soal ujian divalidsai oleh dua orang guru SMA. Hasil validasi yang dilakukan menunjukkan persentase soal tes sebesar 90 4%. Validasi butir soal dilakukan setelah tes uji coba pada siswa bukan subjek penelitian. Hasil validitas butir soal memiliki rxy sebesar 0 444-0 831. Hasil penelitian diperoleh sebagai berikut 1) Persentase siswa yang memahami materi teori asam basa Arrhenius sebesar 57 95% dengan kategori cukup. Tingkat pemahaman untuk masing-masing konsep yang diukur sebagai berikut a) Persentase siswa yang memahami konsep reaksi asam basa Arrhenius sebesar 50 4% dengan kategori rendah. b) Persentase siswa yang memahami konsep penetapan kekuatan asam basa sebesar 65 5% dengan kategori cukup. 2) Persentase siswa yang memahami materi teori asam basa Bronsted-Lowry sebesar 56 75% dengan kategori cukup. Tingkat pemahaman untuk masing-masing konsep yang diukur sebagai berikut a) Persentase siswa yang memahami konsep reaksi asam basa Brownsted-Lowry sebesar 58 7% dengan kategori cukup. b) Persentase siswa yang memahami konsep penetapan kakuatan asam sebesar 54 8% dengan kategori rendah. 3) Persentase siswa yang memahami materi teori asam basa Lewis sebesar 49 4% dengan kategori rendah. Tingkat pemahaman untuk masing-masing konsep yang diukur sebagai berikut a) Persentase siswa yang memahami konsep asam basa Lewis sebesar 47 6% dengan kategori rendah. b) Persentase siswa yang memahami konsep ikatan kovalen koordinasi sebesar 51 2% dengan kategori rendah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Feb 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22229

Actions (login required)

View Item View Item