Implementasi bahan ajar IPA berbasis learning cycle 3E pada bahan kajian 'materi dan perubahannya' terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri I Kauman Tulungangung / Intan Retma Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi bahan ajar IPA berbasis learning cycle 3E pada bahan kajian 'materi dan perubahannya' terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri I Kauman Tulungangung / Intan Retma Sari

Sari, Intan Retma (2015) Implementasi bahan ajar IPA berbasis learning cycle 3E pada bahan kajian 'materi dan perubahannya' terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri I Kauman Tulungangung / Intan Retma Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari IntanRetma.2015. ImplementasiBahan Ajar IPA Berbasis Learning Cycle 3E PadaBahanKajian MateridanPerubahannya TerhadapHasilBelajarSiswaKelas VII SMP Negeri 1 KaumanTulungagung. Skripsi Jurusan Kimia FakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Parlan M.Si. (II) Dr. Irma K. Kusumaningrum S.Si. M.Si. Kata kunci Learning Cycle 3E implementasibahan ajar hasilbelajar materidanperubahannya Kurikulumbaru yang mulaidiujicobakanpadabeberapasekolahadalahKurikulum 2013.Untukmengimplementasikankurikulumtersebut telahdikembangkanbahan ajar IPA berbasisLearning Cycle 3E padabahankajian materidanperubahannya untuksiswakelas VII SMP olehFerdiana (2014). Bahan ajar yang dikembangkanterdiriatasbuku guru danbukusiswa dengantingkatvalidasimasing-masingsecaraberurutanadalah 83 5% dan 85%. Namunbahanajar IPA berbasisLearning Cycle 3E tersebutbelumpernahdigunakandalam proses pembelajaran. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiketerlaksanaan proses pembelajarandenganbahanajardanhasilbelajarsiswa yang dibelajarkandenganbahan ajar tersebut. Penelitianinimenggunakanrancangan penelitian Quasy experimental (eksperimental semu) dengan model post-test only control group designdanrancangandeskriptif.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 KaumanTulungagung tahun ajaran 2014/ 2015 yang terdiri dari 12 kelas. Pemilihan kelas kontrol dan eksperimen dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Kelas VII D terpilih sebagai kelas eksperimen (dibelajarkan dengan Bahan ajar berbasisLearning Cycle3E) dan kelas VII C sebagai kelas kontrol (dibelajarkan dengan model pembelajaranekspositori). Data hasil belajar kognitif siswa dianalisis secara statistik menggunakan uji-t sedangkan data keterlaksanaan proses pembelajaran nilai ulanganhariandannilaitugas hasil belajar afektif dan psikomotorik siswa dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterlaksanaan proses pembelajaranLearning Cycle 3Epadakelaseksperimen(98 14%) danekspositoripadakelaskontrol(93 36%) berlangsungsangatbaik (2) Implementasibahan ajar IPA berbasisLearning Cycle 3E efektifmeningkatkanhasilbelajarsiswa (3) Ada perbedaan hasil belajar kognitif antara siswa yang dibelajarkan dengan bahan ajar IPA berbasisLearning Cycle 3E dan dengan model pembelajaran ekspositori dimana nilai hasil belajar dengan bahan ajar IPA berbasisLearning Cycle 3E(x 773 80 16) lebihtinggidaripadasiswa yang dibelajarkandengan model pembelajaranekspositori (x 773 69 96) (4) Rata- rata hasilbelajarafektifsiswa yang dibelajarkandenganbahan ajar IPA berbasisLearning Cycle 3Eadalah74 3sedangkan yang dibelajarkandengan model pembelajaranekspositoriadalah69 6 (5) Hasilbelajarpsikomotoriksiswa yang dibelajarkandenganbahan ajar IPA berbasisLearning Cycle 3E adalah79 05sedangkanyang dibelajarkandengan model pembelajaranekspositorirata-ratanyaadalah74 29.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Nov 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22222

Actions (login required)

View Item View Item