Pengembangan buku petunjuk praktikum kimia SMA kelas XI semester 1 berbasis model learning cycle (5E) / Wasis Riadianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku petunjuk praktikum kimia SMA kelas XI semester 1 berbasis model learning cycle (5E) / Wasis Riadianto

Riadianto, Wasis (2015) Pengembangan buku petunjuk praktikum kimia SMA kelas XI semester 1 berbasis model learning cycle (5E) / Wasis Riadianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Riadianto Wasis. 2015. PengembanganBukuPetunjukPraktikum Kimia SMA Kelas XI Semester 1 Berbasis Model Learning Cycle 5E. Skripsi Program StudiPendidikan Kimia Jurusan Kimia Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Hj. EndangBudiasih M.S. (2) Dr. Nazriati M.Si. Kata Kunci Pengembangan bukupetunjukpraktikum Learning Cycle 5E. Pelaksanaanpraktikumdalampembelajarankimiaakanlebihefektifapabiladitunjangdenganadanyabukupetunjukpraktikum. Berdasarkanhasilobservasidiketahuibahwabukupetunjukpraktikumkimia yang digunakan di sekolahbersifatverifikasidansepertibukuresep.Bukupetunjukpraktikum yang demikiankurangmemberikesempatanpadasiswauntukberpikirkritisdananalitiskarenasiswahanyamengikutilangkah-langkah yang sudahada.Olehkarenaituperludilakukanpenelitianpengembanganbahan ajar berupapetunjukpraktikum yang mampumemberisolusiuntukpermasalahantersebut.PengembanganbukupetunjukpraktikumkimiaberbasisLearning Cycle 5E adalahsuatu proses sistematisdalammerancangdanmenyusunbukupetunjukpraktikumkimiaberbasisLearning Cycle 5E. DenganLearning Cycle 5Ediharapkandapatmeningkatkanmotivasibelajarsiswakarenasiswadilibatkansecaraaktifdalam proses pembelajaransehinggapembelajaranmenjadilebihbermaknabagisiswa. Tujuandaripenelitianpengembanganiniadalahuntukmenghasilkandanmengujikelayakanbukupetunjukpraktikumkimiakelas XI semester 1 berbasisLearning Cycle 5E. Penelitianpengembanganinimenggunakan model pengembangan Borg dan Gall yang terdiridari 10 langkah namunpadapenelitianinihanyadilakukanhinggatahapkelimayaitu(1) penelitiandanpengumpulan data (2) perencanaanpengembanganprodukawal (3) pengembanganprodukawal (4) ujicobalapanganawaldan (5) revisiprodukawal. Produkhasilpengembangandiujicobamelalui proses validasiisidanujiketerbacaanterbatas.Validasiisidilakukanoleh 1 orang dosenkimia UM dan 1 guru SMA sedangkanujiketerbacaanterbatasdilakukanpada 10 siswa SMA Brawijaya Smart School kelas XI IPA.Instrumenpengumpulan data berupaangketdenganskalaLikertsertalembarkomentardan saran.Jenis data yang diperolehadalah data kualitaitifdankuantitatif.Teknikanalisa data yang digunakanadalahteknikperhitungannilai rata-rata. Hasilpenelitianpengembanganiniberupabukupetunjukpraktikumkimia SMA kelas XI semester 1 berbasis model Learning Cycle 5E yang terdiridaritigabagian yaitubagianpendahuluan bagianintidanbagianpenutup. Hasilvalidasiisiolehdosendiperolehnilaisebesar 3 05dengankriteria valid. Hasilvalidasiisioleh guru diperolehnilaisebesar3 97dengankriteria valid. Hasilujiketerbacaanterbatassiswadiperolehnilai rata-rata sebesar 3 63dengankriteria valid. Berdasarkanhasilvalidasiisiolehdosendan guru sertahasilujiketerbacaanterbatasmenunjukanbahwabukupetunjukpraktikumkimiahasilpengembangantelah valid sehinggadapatdigunakandalampembelajaran di SMA.Dalamrangkapengembanganproduklebihlanjutmakadisarankanuntukmeneruskanpenelitiansampaitahapujicobalapangansertatahapdiseminasidanimplementasiprodukhasilpengembangan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Oct 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22220

Actions (login required)

View Item View Item