Keefektivan konseling ringkas berfokus solusi untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa dari keluarga broken home / Sri Ajeng Kusumaningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektivan konseling ringkas berfokus solusi untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa dari keluarga broken home / Sri Ajeng Kusumaningrum

Kusumaningrum, Sri Ajeng (2015) Keefektivan konseling ringkas berfokus solusi untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa dari keluarga broken home / Sri Ajeng Kusumaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kusumaningrum Sri Ajeng. 2015. Keefektifan Konseling Ringkas Berfokus Solusi untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Siswa Dari Keluarga Broken Home. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. M. Ramli M.A. (II) Dr. Triyono M.Pd. Kata Kunci konseling ringkas berfokus solusi motivasi berprestasi siswa dari keluarga broken home Motivasi berprestasi adalah salah satu faktor internal yang mempengaruhi prestasi belajar siswa SMK. Salah satu faktor yang mempengaruhi motivasi berprestasi ialah keadaan keluarga dimana kondisi keluarga yang broken home memiliki keterlibatan secara negatif terhadap motivasi siswa. Berdasarkan hasil observasi awal menunjukkan bahwa siswa dari keluarga broken home memiliki permasalahan yang berkaitan dengan rendahnya motivasi berprestasi. Konselor membantu siswa dari keluarga broken home cenderung menggunakan model konseling direktif yang cenderung memberikan saran yang kurang sesuai dengan keadaan siswa. Dalam penelitian ini digunakan konseling ringkas berfokus solusi untuk membantu konseli menuju pada perubahan yang sesuai dengan kondisinya dan mengenali potensi dirinya atas permasalahannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan konseling ringkas berfokus solusi untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa dari keluarga broken home. Jenis penelitian ini menggunakan true experimental design dengan desain penelitian pretest-posttest-control-group-design. Subjek penelitian adalah siswa kelas X di SMK N 2 Malang sebanyak 12 orang yang terpilih berdasarkan pengisian essai keluarga untuk menentukan siswa kriteria keluarga broken home dan pengisian skala motivasi berprestasi sebagai instrumen utama penelitian. Siswa yang berasal dari keluarga broken home yang menjadi subjek penelitian ialah siswa yang memiliki skor motivasi berprestasi rendah. Teknik analisis data yang digunakan adalah Two-Independent-Sampel Test-Mann Whitney U yang digunakan untuk mengetahui adanya perbedaan skor posttest skala motivasi berprestasi dari subjek penelitian yang dibagi ke dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil penelitian menggunakan analisis Two-Independent-Sampel Test-Mann Whitney U ini diperoleh angka z hitung z tabel yaitu -2.647. Nilai Asymp. Sig. (2- tailed) adalah 0.009 dimana 0.009 0.05 yang menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara skor posttest kelompok eksperimen dan skor posttest kelompok kontrol. Hasil uji analisis secara statistik tersebut membuktikan bahwa Ho ditolak sedangkan H 945 diterima. Sehingga hasil uji statistik yang telah dijabarkan di atas merujuk pada kesimpulan hasil penelitian yakni intervensi konseling ringkas berfokus solusi lebih efektif untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa dari keluarga broken home.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Oct 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2222

Actions (login required)

View Item View Item