Identifikasi pemahaman representasi makroskopik, mikroskopik, dan simbolik siswa kelas XI IPA SMA Negeri Klakah pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan / Teguh Adi Satrionegoro - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi pemahaman representasi makroskopik, mikroskopik, dan simbolik siswa kelas XI IPA SMA Negeri Klakah pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan / Teguh Adi Satrionegoro

Satrionegoro, Teguh Adi (2015) Identifikasi pemahaman representasi makroskopik, mikroskopik, dan simbolik siswa kelas XI IPA SMA Negeri Klakah pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan / Teguh Adi Satrionegoro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Satrionegoro Teguh. 2015. Identifikasi Pemahaman Representasi Makroskopik Mikroskopik dan Simbolik Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri Klakah pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Oktavia Sulistina S.Pd. M.Pd. (2) Dr. Nazriati M.Si Kata-kata kunci pemahaman representasi makroskopik mikroskopik simbolik kelarutan dan hasil kali kelarutan Kelarutan dan hasil kali kelarutan adalah salah satu materi dalam pelajaran kimia yang diajarkan pada siswa SMA kelas XI IPA. Pembelajaran materi kelarutan dan hasil kali kelarutan harus menekankan pada ketiga level representasi yaitu makroskopik mikroskopik dan simbolik. Pemahaman yang baik pada ketiga level representasi akan membantu siswa memahami materi lebih baik. Namun pembelajaran kelarutan dan hasil kali kelarutan di sekolah cenderung hanya menekankan pada pemahaman representasi makroskopik dan simbolik. Hal ini ditunjukkan dengan pengukuran hasil belajar yang didominasi oleh soal-soal yang berkaitan dengan representasi makroskopik dan simbolik sehingga membuat pemahaman representasi mikroskopik siswa cenderung lebih rendah dari pemahaman representasi makroskopik dan simbolik. Oleh karena itu penelitian tentang pemahaman representasi makroskopik mikroskopik dan simbolik siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan perlu untuk dilakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pemahaman representasi makroskopik mikroskopik dan simbolik siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah kelas XI IPA SMA Negeri Klakah. Sampel penelitian adalah kelas XI IPA 1 yang dipilih berdasarkan teknik purposive sampling. Data penelitian ini adalah skor hasil belajar kognitif yang berkaitan dengan pemahaman representasi makroskopik mikroskopik dan simbolik siswa. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes yang memiliki nilai reliabilitas 0 87. Data yang diperoleh dianalisi dengan menggunakan analisis deskriptif dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman siswa tentang representasi simbolik termasuk dalam kategori tinggi dengan nilai 75 7%. Tingkat pemahaman siswa tentang representasi makroskopik termasuk dalam kategori sedang dengan nilai 58%. Sedangkan tingkat pemahaman siswa tentang representasi mikroskopik termasuk dalam kategori kurang dengan nilai 33 3%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22219

Actions (login required)

View Item View Item