Pengembangan instrumen penilaian hasil belajar bentuk pilihan ganda tiga tingkat menggunakan Certainty of Renspose Index (CRI) pada materi hukum Newton untuk kelas X SMA / Ika Karunia Pratiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan instrumen penilaian hasil belajar bentuk pilihan ganda tiga tingkat menggunakan Certainty of Renspose Index (CRI) pada materi hukum Newton untuk kelas X SMA / Ika Karunia Pratiwi

Pratiwi, Ika Karunia (2015) Pengembangan instrumen penilaian hasil belajar bentuk pilihan ganda tiga tingkat menggunakan Certainty of Renspose Index (CRI) pada materi hukum Newton untuk kelas X SMA / Ika Karunia Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pratiwi Ika Karunia. 2015. Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Bentuk Pilihan Ganda Tiga Tingkat Menggunakan Certainty of Response Index (CRI) pada Materi Hukum Newton untuk Kelas X SMA. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Sugiyanto S. Pd. M. Si. (II) Drs. Sumarjono M. Pd. Kata Kunci penilaian hasil belajar pilihan ganda tiga tingkat CRI hukum Newton Hasil belajar merupakan kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa setelah menerima pengalaman belajar.Penilaian pendidikan diperlukan sebagai proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar siswa. Penggunaan instrumen penilaian yang objektif dapat mengukur capaian hasil belajar siswa dan mengetahui kelemahan siswa sangat dibutuhkan. Oleh karena itu diperlukan penelitian pengembangan dengan tujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan produk instrumen penilaian hasil belajar bentuk pilihan ganda tiga tingkat menggunakan certainty of response index (CRI) pada materi Hukum Newton untuk kelas XSMA. Penelitian pengembangan ini mengikuti langkah penelitian Borg dan Gall yang telah dimodifikasi. Langkah penelitian pengembangan ini yaitu (1) penelitian dan pengumpulan data (2) perencanaan (3) pengembangan draft produk (4) validasi dan (5) uji coba produk. Validasi dilakukan oleh dua dosen fisika dan satu guru fisika. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen penelitian berupa angket. Jenis data penelitian terdiri atas data kuantitatif berupa penilaian dari validator dan data kualitatif berupa komentar dan saran. Data kuantitatif yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik nilai rata-rata. Uji coba produk dilakukan kepada 37 siswa kelas X SMA yang sudah menerima materi tentang Hukum Newton. Uji coba terbatasdilakukan untuk mengetahui capaian hasil belajar siswa pada materi Hukum Newton. Hasil validasi yang mencakup tiga aspek meliputi kelayakan sebagai instrumen penilaian hasil belajar kelayakan sebagai instrumen penilaian bentuk pilihan ganda dan kelayakan sebagai instrumen pilihan ganda tiga tingkat menggunakan CRI masing-masing memiliki nilai 3.72 3.72 dan 3.79. Hal ini menunjukkan bahwa pada ketiga aspek tersebut produk yang dikembangkan valid. Berdasarkan hasil uji coba terbatas persentase tertinggi siswa yang sudah memahami konsep Hukum I Newton mengalami salah konsepsi pada materi Hukum II Newton dan tidak memahami konsep tentang gaya gesek masing-masing adalah 78.4% 73.0% dan 67.6%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Sep 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22218

Actions (login required)

View Item View Item