Hubungan antara kemampuan metakognisi dengan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Turen pada materi hidrolisis garam / Siva Maulidya - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara kemampuan metakognisi dengan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Turen pada materi hidrolisis garam / Siva Maulidya

Maulidya, Siva (2015) Hubungan antara kemampuan metakognisi dengan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Turen pada materi hidrolisis garam / Siva Maulidya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Maulidya Siva. 2015. HubunganantaraKemampuanMetakognisidenganHasilBelajarSiswaKelas XI IPA SMA Negeri 1 TurenpadaMateriHidrolisisGaram. Skripsi Jurusan Kimia FakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Prof. H. SuhadiIbnu M.A. Ph.D. (II) Laurent Octaviana S.Pd. M.Si. Kata Kunci metakognisi hasilbelajar hidrolisisgaram Metakognisiadalahkemampuanberpikirdimana yang menjadiobjekberpikirnyaadalah proses berpikir yang terjadipadadirisendiri. Metakognisiterdiridariduakomponenutamayaitupengetahuanmetakognisidanregulasiatauketerampilanmetakognisi. Pengetahuanmetakognisimengacupadapengetahuantentangkognisisepertipengetahuantentangketerampilandanstrategikerja yang baikuntukpembelajarandanbagaimanasertakapanmenggunakanketerampilandanstrategitersebut.Regulasiatauketerampilanmetakognisimengacupadakegiatan-kegiatan yang mengontrolketerampilanpebelajarsepertimerencanakan memonitorpemahaman danmengevaluasi.Adanyakemampuanmetakognisiakanmeningkatkankesadaranseseorangdalambelajar .Metakognisimemilikiperananpentingdalamkeberhasilanbelajardanpencapaianakademik sehinggadenganadanyakemampuanmetakognisi yang digunakansecaramaksimalakanmeningkatkanhasilbelajar. Penelitianinidilaksanakanuntukmengetahuihubungankemampuanmetakognisidenganhasilbelajarsiswadanbesarnyapengaruhmasing-masingkomponenkemampuanmetakognisiterhadaphasilbelajarsiswakelas XI IPA SMA Negeri 1 Turenpadamaterihidrolisisgaram. Penelitianinimerupakanjenispenelitiankorelasionalyang dimaksudkanuntukmengetahuihubunganantaravariabelbebas yaitukemampuanmetakognisidenganvariabelterikat yaituhasilbelajar.Data kemampuanmetakognisisiswadiperolehdaripengerjaaninstrumenMetacognitive Awareness Inventory (MAI) sedangkan data hasilbelajarsiswadiperolehdaripengerjaanintrumenberupasoaluraianmaterihidrolisisgaram.Dari kedua data yang diperolehselanjutnyadianalisishubungankeduavariabeldenganrumuskorelasi Pearson menggunakanaplikasi SPSS 16.0 for windows. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaterdapathubunganantarakemampuanmetakognisidenganhasilbelajarsecarasignifikandengankoefisienkorelasisebesar 0 453.Komponenkemampuanmetakognisiyang pertamayaitupengetahuanmetakognisimemilikihubungan yang tidaksignifikandengankoefisienkorelasisebesar 0 211 danmemberikanpengaruhsebesar 4 45% terhadaphasilbelajar. Sementaraitu komponenkemampuanmetakognisi yang keduayaituketerampilanmetakognisimemilikihubungan yang signifikandengankoefisienkorelasisebesar 0 515 danmemberikanpengaruhsebesar 26 52% terhadaphasilbelajar.Berdasarkanhasiltersebutdapatdisimpulkanbahwakomponenketerampilanmetakognisimemilikipengaruh yang lebihbesarterhadaphasilbelajardibandingkanpengetahuanmetakognisi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Sep 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22217

Actions (login required)

View Item View Item