Pengembangan modul elektronik interaktif materi sifat koligatif larutan berdasarkan kurikulum 2013 untuk kelas XII SMA / Indira Wahyu Alfaterra

Alfaterra, Indira Wahyu (2015) Pengembangan modul elektronik interaktif materi sifat koligatif larutan berdasarkan kurikulum 2013 untuk kelas XII SMA / Indira Wahyu Alfaterra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Alfaterra, Indira Wahyu. 2015. Pengembangan Modul Elektronik Interaktif Materi Sifat Koligatif Larutan Berdasarkan Kurikulum 2013 untuk Kelas XII SMA. Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Drs. I Wayan Dasna, M.Si, M.Ed, Ph.D, (2) Dr. Yudhi Utomo, M.Si. Kata kunci: modul elektronik, sifat koligatif larutan, kurikulum 2013. Sifat koligatif larutan merupakan salah satu materi yang dipelajari oleh siswa di kelas XII. Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kesalahan konsep pada materi sifat koligatif larutan. Hal tersebut diduga terjadi karena ilmu kimia yang dikomunikasikan dalam tiga level representasi yaitu simbolik, submikroskopik, dan makroskopik kurang efektif. Materi sifat koligatif larutan mencakup semua level representasi yang dapat divisualisasikan dengan multimedia. Kurikulum 2013 berprinsip pada pembelajaran peserta didik aktif. Pendekatan pembelajaran yang digunakan dalam kurikulum 2013 adalah pendekatan saintifik. Sumber belajar yang dibutuhkan harus dapat mendorong siswa untuk mengkonstruk konsep yaitu modul. Penggabungan dari modul dan multimedia dapat diwujudkan dengan pengembangan modul elektronik interaktif. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan modul elektronik interaktif dengan materi sifat koligatif larutan berdasarkan kurikulum 2013 dan mengetahui kelayakan modul elektronik interaktif dengan materi sifat koligatif larutan berdasarkan kurikulum 2013. Pengembangan modul elektronik interaktif menggunakan model Dick and Carey (2009) hingga tahap kesembilan. Desain validasi terdiri dari validasi isi dan uji terbatas pada siswa. Validasi isi berfungsi untuk mengetahui tingkat kelayakan isi, penyajian, kebahasaan, desain cover buku, desain isi buku, dan media yang dilakukan dengan memberikan angket pada validator yang terdiri dari dosen kimia Universitas Negeri Malang dan guru kimia SMA/MA. Uji terbatas dilakukan pada siswa sebagai pengguna modul untuk mengetahui tingkat kelayakan modul. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif berdasarkan angket penilaian dan data kualitatif melalui komentar, saran, dan kritik dari validator. Analisis data kuantitatif menggunakan rumus perhitungan persentase. Berdasarkan hasil validasi, modul elektronik interaktif didapatkan rata-rata persentase sebesar 82,90% dengan kriteria cukup valid dan pada uji coba terbatas didapatkan rata-rata persentase sebesar 82,30%. Komentar dan saran dari validator dan responden digunakan untuk merevisi modul elektronik interaktif. Modul elektronik interaktif terdiri dari pembuka, isi, dan penutup. Bagian isi terdiri dari delapan sub materi yaitu (1) Penentuan Konsentrasi Larutan; (2) Penurunan Tekanan Uap; (3) Kenaikan Titik Didih; (4) Penurunan Titik Beku; (5) Diagram Fase; (6) Tekanan osmotik; (7) Sifat Koligatif Larutan Elektrolit; (8) Penerapan Sifat Koligatif Larutan. Setiap submateri disajikan sesuai dengan tahapan pendekatan saintifik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22210

Actions (login required)

View Item View Item