Pengembangan modul strategi kontrol diri terhadap perilaku terlambat bagi siswa sekolah lanjutan atas / Rofiqoh - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul strategi kontrol diri terhadap perilaku terlambat bagi siswa sekolah lanjutan atas / Rofiqoh

Rofiqoh (2015) Pengembangan modul strategi kontrol diri terhadap perilaku terlambat bagi siswa sekolah lanjutan atas / Rofiqoh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rofiqoh. 2015. Pengembangan Modul Staretegi Kontrol Diri terhadap Perilaku Terlambat bagi Siswa Sekolah Lanjutan Atas. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dra.Elia Flurentin M.Pd (2) Dr. Hj. Muslihati S.Ag. M.Pd. Kata Kunci pengembangan modul kontrol diri perilaku terlambat. Permasalahan yang seringkali dijumpai remaja tingkat SMA banyak yang terlambat pergi ke sekolah. Berdasarkan informasi yang diperoleh mereka mengatakan kalau keterlambatan datang kesekolah siswa setiap hari semakin banyak. Lemahnya kontrol diri dalam masa remaja sangat perlu diperhatikan. Remaja perlu memiliki kontrol diri yang baik agar terhindar dari perilaku terlambat. Layanan yang diberikan terkait dengan layanan informasi yaitu modul. Modul diberikan gambar warna yang menarik perhatian supaya siswa lebih interaktif dalam membaca dan mempelajarinya. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan modul strategi kontrol diri terhadap perilaku terlambat bagi Siswa Sekolah Menengah Atas yang berterima secara praktik dan teoritik melalui uji ahli dan uji pengguna yang terdiri dari modul starategi kontrol diri terhadap perilaku terlambat bagi siswa Sekolah Menengah Atas dan Panduan modul strategi kontrol diri terhadap perilaku terlambat bagi siswa Sekolah Mengah Atas untuk konselor. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan dengan mengadaptasi model Borg and Gall langkah-langkah yang peneliti laksanakan (1) pengumpulan data (2) perencanaan (3) mengembangkan produk awal (4) uji coba produk awal (5) revisi produk berdasarkan saran-saran dari hasil uji lapangan (6) melakukan uji coba kelompok kecil dan (7) melakukan revisi produk akhir. Subjek uji coba pada penelitian ini yakni ahli BK calon pengguna produk dan kelompok kecil. Jenis data dalam penelitian dan pengembangan ini adalah data angka (kuantitatif) dan data verbal (kualitatif) kalimat deskriptif secara tertulis. Instrumen pengumpul data menggunakan skala penilaian dan lembar saran diwujudkan dalam revisi. Berdasarkan hasil pengembangan modul strategi kontrol diri terhadap perilaku terlambat bagi siswa Sekolah Lanjutan Atas dapat diterima secara teoritis maupun praktis karena memiliki penilaian diperoleh dari ahli materi BK calon pengguna produk dan kelompok kecil. Melihat hasil analisis data kuantitatif dan kualitatif dari para ahli calon pengguna produk kelompok kecil dapat disimpulkan bahwa modul strategi kontrol diri terhadap perilaku terlambat bagi siswa Sekolah Lanjutan Atas berterima secara teoritis dan praktis menurut aspek ketepatan kegunaan kemudahan dan kemenarikan. Berdasarkan hasil penelitian disarankan bagi konselor dalam menggunakan modul strategi kontrol diri konselor benar-benar mempelajari dan memahami modul serta panduannya sebelum menggunakan atau mengaplikasikannya. Peneliti selanjutnya hendaknya melakukan penelitian eksperimen untuk mengetahui keefektifan modul strategi kontrol diri terhadap perilaku terlambat bagi siswa Sekolah Lanjutan Atas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2221

Actions (login required)

View Item View Item