Studi pemahaman siswa kelas XI MAN Denanyar pada konsep kesetimbangan kimia secara submikroskopis, simbolis, dan makroskopis / Hilya Ulinnaja - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi pemahaman siswa kelas XI MAN Denanyar pada konsep kesetimbangan kimia secara submikroskopis, simbolis, dan makroskopis / Hilya Ulinnaja

Ulinnaja, Hilya (2015) Studi pemahaman siswa kelas XI MAN Denanyar pada konsep kesetimbangan kimia secara submikroskopis, simbolis, dan makroskopis / Hilya Ulinnaja. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ulinnaja Hilya. 2015. Studi Pemahaman Siswa Kelas XI MAN Denanyar pada Konsep Kesetimbangan Kimia secara Submikroskopis Simbolis dan Makroskopis. Skripsi Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Mohammad Sodiq Ibnu M.Si (II) Drs. Parlan M.Si Kata kunci pemahaman kesetimbangan kimia submikroskopis simbolis makroskopis. Kimia adalah ilmu yang mendalami tentang pemahaman sifat-sifat esensial zat dan membahas sistem yang cukup kompleks mulai dari atom molekul dan senyawanya. Ilmu kimia banyak mempelajari tentang konsep-konsep. Pemahaman konsep kimia dapat dilihat dari tiga aspek penting yaitu aspek submikroskopis simbolis dan makroskopis. Pemahaman kimia harus dapat mencakup kemampuan menterjemahkan permasalahan kimia dengan meninjau secara submikroskopis simbolis dan makroskopisnya. Kesetimbangan kimia merupakan salah satu konsep yang dipelajari dalam ilmu kimia. Kesetimbangan kimia sukar dipahami oleh siswa karena tidak terjadi perubahan yang kasat mata atau makroskopis tetapi juga terjadi perubahan submikroskopis yaitu perubahan pada tingkat partikulat. Siswa sekolah menengah yang mempunyai kemampuan metakognitif rendah dapat mengalami kesulitan dalam memahami konsep kesetimbangan secara submikroskopis simbolis dan makroskopis. Penelitian ini merupakan penelititan deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI MAN Denanyar Jombang yang terdiri dari 5 kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas XI IPA 2 yang diambil dengan teknik cluster random sampling yaitu cara acak kelas. Instrumen yang digunakan adalah tes objektif dengan 4 alternatif jawaban sebanyak 30 butir soal. Data yang diperoleh dianalisis secara diskriptif dengan teknik persentase yang kemudian dikualifikasikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Tingkat pemahaman siswa kelas XI MAN Denanyar pada materi kesetimbangan kimia dengan tinjauan simbolis submikroskopis dan makroskopis sebesar 36 02% (2) Tidak ada korelasi antara pemahaman submikrokopis dan pemahaman simbolis (3) Ada korelasi positif antara pemahaman submikroskopis dan pemahaman makroskopis (4) Ada korelasi positif antara pemahaman simbolis dan pemahaman makroskopis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22208

Actions (login required)

View Item View Item