Hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains siswa kelas XI MIA SMA Negeri 2 Batu pada pembelajaran larutan penyangga dengan pembelajaran inkuiri terbimbing dan ekspositori / Ferdina Dian Sulistianingrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains siswa kelas XI MIA SMA Negeri 2 Batu pada pembelajaran larutan penyangga dengan pembelajaran inkuiri terbimbing dan ekspositori / Ferdina Dian Sulistianingrum

Sulistianingrum, Ferdina Dian (2015) Hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains siswa kelas XI MIA SMA Negeri 2 Batu pada pembelajaran larutan penyangga dengan pembelajaran inkuiri terbimbing dan ekspositori / Ferdina Dian Sulistianingrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Sulistianingrum Ferdina D. 2015. Hasil Belajar Kognitif dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 2 Batu pada Pembelajaran Larutan Penyangga dengan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Ekspositori. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Sutrisno M.Si. (II) Drs. Muhammad Su aidy M.Pd. Kata kunci pembelajaran inkuiri terbimbing hasil belajar kognitif keterampilan proses sains larutan penyangga Ilmu kimia merupakan ilmu yang mengkaji adanya fakta sebenarnya yang dipelajari secara empirik baik melalui observasi atas gejala-gejala alam maupun suatu kerja ilmiah. Dalam membelajarkan ilmu kimia akan lebih efektif apabila menempatkan siswa layaknya kimiawan yang akan melakukan kerja ilmiah dalam membangun suatu konsep. Salah satu pembelajaran yang menuntut siswa aktif dalam kerja ilmiah adalah pembelajaran inkuiri terbimbing. Salah satu pokok bahasan dalam ilmu kimia adalah larutan penyangga. Dengan pembelajaran yang menekankan pembangunan konsep melalui proses berpikir diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) keterlaksanaan proses pembelajaran inkuiri terbimbing (2) perbandingan hasil belajar kognitif siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran inkuiri terbimbing dan ekspositori (3) keterampilan proses sains siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen semu (Quasy Experimental) posttest-only control group design. Subjek penelitian melibatkan siswa kelas XI MIA I dan XI MIA 2 SMA Negeri 2 Batu. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi instrumen perlakuan yaitu silabus RPP LKS dan handout. Instrumen pengukuran yang digunakan terdiri dari lembar observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan ada dua cara yaitu analisis deskriptif dan statistik. Analisis deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan proses pembelajaran dan keterampilan proses sains. Analisis statistik digunakan untuk menganalisis perbandingan hasil belajar kognitif yang meliputi uji normalitas uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji-t satu pihak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran larutan penyangga dengan pembelajaran inkuiri terbimbing pada kelas XI MIA 2 SMA Negeri 2 Batu berlangsung sangat baik (rerata pencapaian keterlaksanaan 95 35%). Pembelajaran larutan penyangga dengan pembelajaran inkuiri terbimbing (rerata 75 20) mempunyai hasil belajar kognitif lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori (rerata 69 13). Rata-rata pencapaian keterampilan proses sains siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran inkuiri terbimbing sebesar 94 70% dan termasuk ke dalam kriteria sangat baik. Persentase rata-rata pencapaian keterampilan proses sains siswa secara berturut-turut yaitu keterampilan memprediksi 87 92% keterampilan mengobservasi 99 17% keterampilan mengklasifikasikan 93 75% keterampilan mengukur 95 42% keterampilan menganalisis 94 00% keterampilan mengkomunikasikan 95 00% dan keterampilan menyimpulkan 97 67%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22206

Actions (login required)

View Item View Item