Pengembangan instrumen penilaian sikap dan keterampilan psikomotorik pada materi asam basa, titrasi asam basa, hidrolisis garam, dan larutan penyangga / Afidatun Nadhiroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan instrumen penilaian sikap dan keterampilan psikomotorik pada materi asam basa, titrasi asam basa, hidrolisis garam, dan larutan penyangga / Afidatun Nadhiroh

Nadhiroh, Afidatun (2015) Pengembangan instrumen penilaian sikap dan keterampilan psikomotorik pada materi asam basa, titrasi asam basa, hidrolisis garam, dan larutan penyangga / Afidatun Nadhiroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nadhiroh Afidatun. 2015. Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap dan Keterampilan Psikomotorik pada Materi Asam Basa Titrasi Asam Basa Hidrolisis Garam dan Larutan Penyangga. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Oktavia Sulistina S.Pd. M.Pd (II) Drs. Darsono Sigit M.Pd. Kata kunci Instrumen penilaian sikap dan keterampilan psikomotorik asam basa dan titrasi hidrolisis garam larutan penyangga. Materi asam basa titrasi asam basa hidrolisis garam dan larutan penyangga termasuk materi yang dikaji pada Kelas XI.Pembelajaran materi ini menekankan pada penemuan konsep melalui kegiatan laboratorium.Pembelajaran melalui kegiatan laboratorium membutuhkan penilaian keterampilan psikomotorik dan sikap selain pengetahuan yangsesuai tuntutan Kurikulum 2013. Penilaian dalam Kurikulum 2013 harus mengarah pada penilaian autentik yang menekankan pengukuran kompetensi siswa untuk ranah sikap pengetahuan dan keterampilan berdasarkan proses dan hasil pembelajaran.Berdasarkan hasil wawancara dengan beberapa guru kimia SMA diperoleh fakta bahwa (1) penilaian autentik belum terlaksana dengan baik karena guru hanya menenkankan penilaian kognitif (2) guru kesulitan dalam melakukan penilaian autentik dan (3)instrumen penilaian autentik untuk Kelas XI masih sangat terbatas. Oleh karena itu dilakukan penelitian dan pengembangan instrumen penilaian sikap dan keterampilan psikomotorik pada materi asam basa titrasi asam basa hidrolisis garam dan larutan penyangga untuk membantu guru dalam melakukan penilaian autentik. Tujuan utama penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan produk berupa instrumen penilaian sikap dan keterampilan psikomotorik pada materiasam basa titrasi asam basa hidrolisis garam dan larutan penyangga. Penelitian dan pengembangan instrumen penilaian ini menggunakanlangkah-langkah (1) studi kepustakaan (2) survei lapangan (3) penyusunan instrumen (4) uji coba terbatas (5) revisi hasil uji coba (6) uji coba lebih luas (7) penyempurnaan produk akhir dan (8) desiminasi dan implementasi.Pengembangan instrumen penilaian ini hanya sampai pada langkah kelima. Produk hasil pengembangan diujicoba melalui validasi isi uji coba terbatas instrumen penilaian sikap dan uji keterbacaan instrumen penilaian keterampilan. Validasi isi dilakukan oleh 1 dosen Kimia dan2 guru KimiaSMA. Uji coba terbatas instrumen penilaian sikap dilakukan terhadap 35 siswa SMA. Uji keterbacaan instrumen penilaian keterampilan dilakukan terhadap 10 siswa SMA. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket.Jenis data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa skor penilaian dari angket dan data kualitatif berupa komentar dan saran. Teknik analisis data yang digunakan adalah perhitungan persentase analisis statistik formula koefisien korelasi product-moment Pearson analisis Alpha Cronbach dan deskriptif. Produk hasil penelitian dan pengembanganberupa instrumen penilaiansikap dan keterampilan pada materi asam basa titrasi asam basa hidrolisis garam dan larutan penyangga dalam bentuk cetak. Hasil validasiisi oleh ahli menunjukkan bahwa instrumen penilaian sikap memiliki persentase rata-rata 97 3 % dengan kriteria kelayakan sangat layak dan instrumen penilaian keterampilan psikomotorik memiliki persentase rata-rata 91 5 % dengan kriteria kelayakan sangat layak . Hasil uji coba terbatas menunjukkan bahwa instrumen penilaian sikap memiliki rhitung antara 0 372-0 866 dengan kriteria valid dan nilai Alpha Cronbach antara 0 607-0 927dengan kriteria reliabel . Hasil uji keterbacaanmenunjukkan bahwa instrumen penilaian keterampilanpsikomotorik memiliki persentaserata-rata 83 8 % dengan kriteria sangat sesuai/sangat tepat digunakan dan sangat mudah dipahami bahasanya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22205

Actions (login required)

View Item View Item