Pengembangan modul kimia SMA kelas XI pada pokok bahasan larutan penyangga berbasis daur belajar-6 fase berbantuan penata awal (advance organizer) / Try Hartiningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul kimia SMA kelas XI pada pokok bahasan larutan penyangga berbasis daur belajar-6 fase berbantuan penata awal (advance organizer) / Try Hartiningsih

Hartiningsih, Try (2015) Pengembangan modul kimia SMA kelas XI pada pokok bahasan larutan penyangga berbasis daur belajar-6 fase berbantuan penata awal (advance organizer) / Try Hartiningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hartiningsih Try. 2015. Pengembangan Modul Kimia SMA Kelas XI pada Pokok Bahasan Larutan Penyangga Berbasis Daur Belajar-6Fase Berbantuan Penata Awal (Advance Organizer). Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dra. Srini M. Iskandar M.Sc. Ph.D. (II) Neena Zakia S.Si M.Si. Kata kunci modul larutan penyangga daur belajar 6 fase Ilmu kimia berkembang dari penemuan para kimiawan yang dituangkan dalam metode ilmiah berupa konsep hukum dan prinsip. Pada pembelajaran kimia siswa tidak hanya diberikan konsep-konsep tetapi melakukan proses sehingga memiliki keterampilan. Dari hasil observasi di SMA Negeri 4 Kediri diperoleh informasi bahwa sumber belajar yang digunakan adalah modul dari pemerintah kota yang sangat terbatas isinya dan tidak membangun keterampilan proses sains siswa. Sesuai dengan karakteristik pembelajaran yang berpusat kepada siswa maka diperlukan pengembangan modul yang mengacu pada pendekatan daur belajar 6 fase berbantuan penata awal (advance organizer). Adapun tujuan dari pengembangan modul ini antara lain (1) menghasilkan modul kimia SMA kelas XI pada pokok bahasan larutan penyangga berbasis daur belajar 6 fase berbantuan penata awal (advance organizer) (2) mengetahui kelayakan modul kimia SMA kelas XI pada pokok bahasan larutan penyangga berbasis daur belajar 6 fase berbantuan penata awal (advance organizer). Model pengembangan yang digunakan dalam pengembangan ini merujuk pada 4-D Model (Model 4D) yang direkomendasikan oleh Thiagarajan dkk. Model 4-D ini terdiri dari empat tahapan yaitu membatasi (define) merancang (design) mengembangkan (develop) dan menyebarluaskan (disseminate) namun pengembangan hanya dilakukan hingga tahap ketiga yaitu tahap develop. Data yang diperoleh dari hasil validasi berupa data kualitatif dan data kuantitatif yang dianalisis sesuai dengan karakteristik komponen modul. Produk pengembangan yang dihasilkan berupa modul larutan penyangga kelas XI berbasis daur belajar 6 fase berbantuan penata awal (advance organizer). Modul dikembangkan terdiri dari bagian pendahuluan isi dan penutup. Bagian isi modul mencakup kegiatan belajar yang disesuaikan dengan langkah-langkah pembelajaran daur belajar 6 fase. Pada bagian ini ada beberapa bagian modul yang direvisi sesuai dengan kritik saran dan komentar dari validator. Hasil validasi yang diperoleh menunjukkan persentase rata-rata sebesar 82 45% yang menggambarkan bahwa modul ini layak digunakan sebagai salah satu sumber belajar dalam membelajarkan materi larutan penyangga berbasis daur belajar 6 fase berbantuan penata awal (advance organizer).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22202

Actions (login required)

View Item View Item