Pengaruh pembelajaran berbantuan media video mata pelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Bangoan 1 Tulungagung / Syaifur Rizal - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran berbantuan media video mata pelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Bangoan 1 Tulungagung / Syaifur Rizal

Rizal, Syaifur (2011) Pengaruh pembelajaran berbantuan media video mata pelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Bangoan 1 Tulungagung / Syaifur Rizal. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Metode Pembelajaran eksperimen Media video pembelajaran Metode Pembelajaran Konvensional (Ceramah) Hasil Belajar Siswa Menghadapi masa depan yang sudah pasti diisi dengan arus globalisasi dan keterbukaan serta kemajuan dunia informasi dan komunikasi pendidikan akan semakin dihadapkan pada berbagai tantangan dan permasalahan yang lebih kompleks dari pada masa sekarang atau sebelumnya. Dunia pendidikan nasional perlu adanya inovasi dalam pengajarannya agar mampu melahirkan generasi atau sumber daya manusia yang memiliki keunggulan pada era globalisasi dan keterbukaan arus informasi dan kemajuan alat komunikasi yang luar biasa. Saat ini pengajaran yang digunakan dalam sekolah sekolah yang ada cenderung konvensional sehingga membosankan dan tidak menarik bagi siswa siswa dipaksa mendengarkan guru yang ceramah di depan. Padahal setiap siswa mempunyai gaya belajar yang berbeda beda menurut tipe individu siswa tidak hanya gaya belajar reading yang bisa belajar dengan membaca tetapi ada lagi gaya belajar visual knestetik audiotorik yang sesuai dengan karakteristik setiap individu. Seperti halnya dalam proses pembelajaran di SDN Bagoan 1 Tulungagung juga masih lebih mengandalkan media buku teks dalam pembelajaran. Oleh karena itu peneliti mencoba memperkenalkan dan mengukur keberhasilan prestasi belajar siswa setelah menggunakan media video pembelajaran. Penelitian ini bertujuan (1) mengkaji pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. (2) mengkaji apakah hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan media video pembelajaran lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan tanpa menggunakan media video pembelajaran pada mata pelajaran IPA bahasan Energi Bunyi kelas IV SDN Bangoan 1 Tulungagung. Untuk mencapai tujuan tersebut maka jenis penilitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan membagi 2 kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen adalah kelompok siswa yang menggunakan media video pembelajaran sedangkan kelompok kontrol adalah kelompok yang tidak menggunakan media video pembelajaran. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design dengan pre tes dan pos tes serta membagi sasaran penelitian menjadi 2 kelompok sampel yaitu kelas eksperimen (IV B) dan kelas kontrol (IV A) dengan cara purposive sampling. Berdasarkan hasil analisis hipotesis yang dirumuskan dapat disimpulkan bahwa Terdapat perbedaan signifikan hasil belajar siswa kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan media video pembelajaran dengan kelas kontrol yang diajar dengan metode konvensional (ceramah) .Atau dengan kata lain bahwa rata-rata gainscore hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media video pembelajaran lebih besar daripada rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan menerapkan metode pembelajaran konvensional (ceramah) dengan nilai probabilitas (signifikan) adalah 0 000 0 05 dengan t hitung 6 694 t tabel 1 708. Nilai rata rata gain score kelas experimen 19 7200 dan kelas kontrol adalah 6 1600. Sehingga terdapat perbedaan nilai rata rata gain score antara kelas experimen dan kelas kontrol sebesar 13 56. Berdasarkan hasil penelitian maka peneliti mengajukan saran (1) guru seharusnya menyajikan materi pembelajaran menggunakan media yang sesuai dengan karakterisrik siswa sehingga dapat memberikan hasil belajar yang optimal. Salah satu caranya yaitu dengan menggunakan media video pembelajaran (2) guru di sekolah SDN Bagoan 1 Tulungagung hendaknya lebih memanfaatkan sarana multimedia yang sudah ada dan dikolaborasikan dengan media video pembelajaran supaya dapat meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa (3) peneliti lain dapat memperluas dan memperdalam kajian pengaruh media video pembelajaran dalam rangka untuk meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/222

Actions (login required)

View Item View Item