Pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif pokok bahasan reaksi redoks dan elektrokimia mata pelajaran kimia SMA kelas XII / Nur Kumala Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif pokok bahasan reaksi redoks dan elektrokimia mata pelajaran kimia SMA kelas XII / Nur Kumala Sari

Sari, Nur Kumala (2015) Pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif pokok bahasan reaksi redoks dan elektrokimia mata pelajaran kimia SMA kelas XII / Nur Kumala Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari Nur Kumala. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Pokok Bahasan Reaksi Redoks dan Elektrokimia Mata Pelajaran Kimia SMA Kelas XII. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Oktavia Sulistina S.Pd. M.Pd. (2) Drs. H. Ridwan Joharmawan M.Si. Kata kunci kimia media pembelajaran reaksi redoks dan elektrokimia Reaksi redoks dan elektrokimia merupakan pokok bahasan dalam ilmu kimia yang bersifat kompleks karena materinya yang rumit dan konsepnya yang abstrak. Hal ini yang menyebabkan peserta didik sering kali mengalami kesulitan dalam mempelajari materi tersebut. Berdasarkan studi pustaka yang dilakukan ditemukan bahwa peserta didik mengalami kesulitan dalam mempelajari materi reaksi redoks dan elektrokimia karena pembelajaran kimia umumnya hanya dihadapkan pada konsep makroskopis dan simbolis. Selain itu sumber belajar yang digunakan belum mampu menggambarkan konsep sub-mikroskopis. Oleh karena itu diperlukan media pembelajaran yang mampu memberikan visualisasi fenomena kimia pada tingkat makroskopis sub-mikroskopis dan simbolis. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran kimia berbasis flash pada pokok bahasan reaksi redoks dan elektrokimia. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan 4-D Thiagarajan yang terdiri dari empat tahap yaitu pendefinisian (define) perancangan (design) pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Namun tahap ke empat dari model pengembangan ini yaitu tahap penyebaran belum dilaksanakan. Penilaian terhadap produk penelitian dilakukan melalui validasi dan uji keterbacaan media. Validasi media dilakukan oleh 1 orang dosen dan 2 orang guru sedangkan validasi soal dilakukan oleh 2 orang guru. Aspek yang dinilai dalam proses validasi meliputi tampilan desain isi materi dan kejelasan soal. Data hasil penelitian berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif merupakan nilai rata-rata angket dari validator dan subjek uji coba keterbacaan sedangkan data kualitatif berupa tanggapan kritikan maupun saran terkait desain dan materi yang disajikan dalam media. Hasil penelitian pengembangan ini berupa media pembelajaran multimedia interaktif pada pokok bahasan reaksi redoks dan elektrokimia. Hasil validasi yang diperoleh dari segi desain media sebesar 4 66 (93 2%) dari segi isi materi sebesar 4 78 (95 6%) dan dari segi kejelasan soal sebesar 84 0% yang memenuhi kriteria layak. Sedangkan hasil uji keterbacaan yang diperoleh sebesar 4 21 (84 3%) yang memenuhi kriteria layak. Saran untuk penelitian selanjutnya yaitu melakukan tahap penyebaran (disseminate) melalui uji efektivitas media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22198

Actions (login required)

View Item View Item