Pengembangan bahan ajar menggunakan pendekatan saintek untuk mengeksplisitkan hakikat sains (NOS) dan berpikir kritis pada materi pengenalan ilmu kimia SMA/MA kelas X/ Elisa Umami - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar menggunakan pendekatan saintek untuk mengeksplisitkan hakikat sains (NOS) dan berpikir kritis pada materi pengenalan ilmu kimia SMA/MA kelas X/ Elisa Umami

Umami, Elisa (2015) Pengembangan bahan ajar menggunakan pendekatan saintek untuk mengeksplisitkan hakikat sains (NOS) dan berpikir kritis pada materi pengenalan ilmu kimia SMA/MA kelas X/ Elisa Umami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Umami Elisa. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Pendekatan Saintifik untuk Mengeksplisitkan Hakikat Sains (NOS) dan Berpikir Kritis pada Materi Pengenalan Ilmu Kimia SMA/MA Kelas X. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Prayitno M.Pd (II) Dr. Aman Santoso M.Si. Kata kunci Bahan ajar literasi sains pendekatan saintifik hakikat sains (NOS) berpikir kritis Ilmu kimia merupakan ilmu yang mempelajari peristiwa ataupun fenomena yang terjadi di alam semesta. Siswa menganggap materi kimia sebagai ilmu yang sulit karena bersifat abstrak berjenjang dan terdiri dari banyak pokok bahasan. Salah satu materi tersebut adalah pengenalan ilmu kimia yang masih belum dipahami dengan baik oleh siswa. Kesulitan dalam memahami materi kimia disebabkan karena pola pembelajaran yang masih menjadikan guru sebagai pusat pembelajaran (teacher centered) sehingga belum mampu meningkatkan kemampuan literasi sains siswa. Menurut penelitian PISA literasi sains siswa Indonesia masih rendah yaitu menduduki peringkat ke 64 dari 65 negara. Salah satu penyebab rendahnya literasi sains siswa Indonesia adalah karena sebagian besar buku pelajaran yang ada memuat aspek hakikat sains (NOS) secara implisit sehingga kurang mendapat perhatian dari pembaca (siswa). Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar dengan materi pengenalan ilmu kimia yang menggunakan pendekatan saintifik (scientific approach) untuk mengeksplisitkan hakikat sains (NOS) dan berpikir kritis serta untuk mengetahui tingkat kelayakan bahan ajar yang dikembangkan. Pengembangan bahan ajar menggunakan pendekatan saintifik (scientific approach) untuk mengeksplisitkan hakikat sains (NOS) dan berpikir kritis pada materi pengenalan ilmu kimia SMA/MA Kelas X ini menggunakan model 4D (four D model).Model pengembangan 4D(four D model)terdiri dari tahap pendefinisian (define) perancangan (design) pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Tetapi dalam pengembangan bahan ajar ini hanya terbatas pada tahap define design dandevelop.Data pada pengembangan ini berupa data kuantitatif yang berdasarkan skor angket dari 2 validator ahli dan 2 validator praktisi yang disusun dalam skala Likert serta data kualitatif yang berdasarkan tanggapan dan saran-saran perbaikan yang diisi oleh 2 validator ahli dan 2 validator praktisi. Hasil dari penelitian dan pengembangan adalah bahan ajar yangterdiri dari buku siswa dan buku guru. Dari hasil validasi bahan ajar menunjukkan bahwa buku siswa memenuhi kriteria layak dengan nilai rata-rata 80 6% dan buku panduan guru memenuhi kriteria sangat layak dengan nilai rata-rata 81 4%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar menggunakan pendekatan saintifik (scientific approach) untuk mengeksplisitkan hakikat sains (NOS) dan berpikir kritis pada materi pengenalan ilmu kimia SMA/MA kelas X ini layak untuk diterapkan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22197

Actions (login required)

View Item View Item