Pengembangan modul pembelajaran kimia menggunakan pendekatan saintek pada materi stoikiometri dan hukum-hukum dasar kimia untuk siswa SMA/MA kelas X / Arik Margiani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran kimia menggunakan pendekatan saintek pada materi stoikiometri dan hukum-hukum dasar kimia untuk siswa SMA/MA kelas X / Arik Margiani

Margiani, Arik (2015) Pengembangan modul pembelajaran kimia menggunakan pendekatan saintek pada materi stoikiometri dan hukum-hukum dasar kimia untuk siswa SMA/MA kelas X / Arik Margiani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Margiani Arik. 2015. Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Menggunakan Pendekatan Saintifik pada Materi Stoikiometri dan Hukum-Hukum Dasar Kimia Untuk SMA/MA Kelas X. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. I Wayan Dasna M.Si M.Ed Ph.D (2) Muntholib S.Pd M.Si. Kata kunci modul pendekatan saintifik stoikiometri hukum-hukum dasar kimia Pemerintah telah memberlakukan kurikulum 2013 dalamupayapembaharuanpendidikan di Indonesia. Proses pembelajaran pada Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan saintifik. Pendekatan saintifik merupakan hal baru bagi guru sehingga dalam pelaksanaan pembelajarannya memerlukan bahan ajar yang relevan. Berdasarkan hasil observasi beberapa buku pelajaran yang digunakan menyajikan materi secara informatif sehingga cenderung membuat siswa menghafal materi oleh karena itu perlu adanya bahan ajar tambahan yang menggunakan pendekatan saintifik. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan bahan ajar dalam bentuk modul materi stoikiomteri dan hukum-hukum dasar kimia menggunakan pendekatan saintifik untuk siswa SMA/MA kelas Xyang telahdivalidasi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan.Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-Doleh Thiagarajanet al(1974) yang terdiriatasempattahapan yaitu define (membatasi) design (merancang) develop (mengembangkan) dandisseminate (menyebarluaskan). Padapengembanganmodulinihanyadilakukansampaipadatahapketigayaitudevelop (mengembangkan) karena terbatas waktu dan biaya. Modulhasilpengembangandivalidasiolehvalidator ahli menggunakan angket penilaian dengan skala Likert 5 tingkat disertai lembar komentar dan saran. Angket penilaian diadaptasi dari butir instrumen penilaian bahan ajar yang dikeluarkan oleh BSNP (2014) dan disesuaikan dengan kebutuhan. Hasil pengembangan berupa modul materi stoikiomteri dan hukum-hukum dasar kimia menggunakan pendekatan saintifik untuk siswa SMA/MA kelas X yang terdiri dari tiga bagian yaitu bagian pendahuluan isi dan penutup. Bagian pendahuluan terdiri dari kata pengantar petunjuk penggunaan modul petunjuk untuk guru petunjuk untuk siswa dan peta konsep. Bagian isi mencakup kegiatan belajar yang disusun menggunakan langkah-langkah pendekatan saintifik yang meliputi mengamati menanya mencoba mengasosiasi dan mengomunikasikan. Sedangkan bagian penutup terdiri dari rangkuman latihan soal daftar pustaka glosarium kunci jawaban dan indeks.Hasilvalidasidan uji keterbacaan menunjukkan bahwa modul hasil pengembangan layak digunakan sebagai bahan ajar alternatif dalam pembelajaran kimia SMA yang ditunjukkan dengan hasil validasi isi sebesar 82 0 % (kriteriasangat layak)dan presentaserata-rata dari uji keterbacaan sebesar 89 2 %(kriteriasangat layak).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22195

Actions (login required)

View Item View Item