Pengembangan bahan ajar berbasis learning cycle 5 fase berbantuan CD video animasi pembelajaran pada materi elektrokimia untuk SMA kelas XII / Nur Annidaul Muslimah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar berbasis learning cycle 5 fase berbantuan CD video animasi pembelajaran pada materi elektrokimia untuk SMA kelas XII / Nur Annidaul Muslimah

Muslimah, Nur Annidaul (2015) Pengembangan bahan ajar berbasis learning cycle 5 fase berbantuan CD video animasi pembelajaran pada materi elektrokimia untuk SMA kelas XII / Nur Annidaul Muslimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Muslimah Nur Annidaul. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Learning Cycle 5 Fase Berbantuan CD Video Animasi Pembelajaran pada Materi Elektrokimia untuk SMA Kelas XII. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Dedek Sukarianingsih M.Pd. M.Si. (2) Dr. Hj. Endang Budiasih M.S. Kata Kunci bahan ajar Learning Cycle 5 Fase elektrokimia Thiagarajan. Kimia merupakan salah satu rumpun Ilmu Pengetahuan Alam yang konsep-konsepnya mencakup tiga aspek penting untuk disajikan yaitu makroskopik mikroskopik dan simbolik. Salah satu materi kimia yang perlu disampaikan dengan tiga aspek tersebut adalah elektrokimia. Beberapa hasil penelitian menyebutkan bahwa kebanyakan siswa hanya mampu merepresentasikan materi ini dalam aspek makroskopik dan simbolik saja.Siswa masih kurang mampu merepresentasikan aspek mikroskopik pada materi elektrokimia sehingga dibutuhkan suatu bahan ajar yang bisa menyajikan materi dalam tiga aspek tersebut. Bahan ajar yang dibutuhkan tidak hanya berupa buku/ LKS saja tetapi dilengkapi alat peraga untuk menampilkan/ menyajikan aspek mikroskopik dalam pembelajaran.Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan suatu bahan ajar cetak dan animasi serta mengetahui tingkat kelayakannya. Model pembelajaran yang digunakan dalam bahan ajar ini adalah Learning Cycle 5 fase yang terdiri dari lima fase yaitu engagement exploration explanation elaboration dan evaluation. Animasi dalam bahan ajar ini berupa animasi 2 dimensi yang dikembangkan dengan menggunakan sofware Power Point 2010 dan Camtasia 7. Animasi yang dikembangkan tersebut kemudian dimasukkan dalam sebuah CD Player. Model pengembangan bahan ajar yang digunakan adalah model pengembangan 4 D menurut Thiagarajan. Empat langkah pengembangan tersebut adalah define (pembatasan) design (perancangan) develop (pengembangan) dan disseminate (penyebarluasan). Tahap pengembangan hanya dilakukan sampai pada tahap develop berupa validasi isi karena keterbatasan waktu dan biaya. Validasi isi bahan ajar dilakukan melalui penilaian oleh ahli (validator) dan uji coba terbatas. Penilaian oleh ahli dilakukan oleh satu orang dosen dan dua orang guru SMA sedangkan uji coba terbatas dilakukan pada sepuluh orang siswa kelas XII yang telah menerima materi elektrokimia. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket menggunakan skala Likert 1-5. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari nilai rata-rata hasil validasi dengan menggunakan teknik analisis nilai rata-rata. Data kualitatif diperoleh dari komentar saran dan kritik dari validator. Kedua data tersebut merupakan dasar untuk melakukan revisi terhadap produk yang dikembangkan. Hasil validasi isi diperoleh nilai rata- rata hasil penilaian buku guru dan buku siswa oleh ahli sebesar 82% dengan kriteria sangat layak/ sangat valid. Nilai rata-rata penilaian CD Video Animasi Pembelajaran sebesar 75% dengan kriteria layak/ valid. Nilai rata-rata dari uji coba terbatas pada buku siswa sebesar 81% dengan kriteria sangat layak/ sangat valid. Nilai rata-rata uji coba terbatas pada CD Video Animasi Pembelajaran sebesar 75% dengan kriteria layak/valid. Hasil validasi tersebut menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22192

Actions (login required)

View Item View Item