Identifikasi pemahaman konseptual dan algoritmik serta faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa kelas XI IPA SMAN 10 Malang pada materi hidrolisis garam / Ikhwanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi pemahaman konseptual dan algoritmik serta faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa kelas XI IPA SMAN 10 Malang pada materi hidrolisis garam / Ikhwanto

Ikhwanto (2015) Identifikasi pemahaman konseptual dan algoritmik serta faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa kelas XI IPA SMAN 10 Malang pada materi hidrolisis garam / Ikhwanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ikhwanto. 2015. Identifikasi Pemahaman Konseptual dan Algoritmik serta Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Siswa Kelas XI IPA SMAN 10 Malang pada Materi Hidrolisis Garam.Skripsi Program Studi Pendidikan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Dedek Sukarianingsih M.Pd. M.Si. (2) Dr. Siti Marfu ah M.S. Kata kunci pemahaman konseptual-algoritmik kesulitan belajar hidrolisis garam Konsep-konsep dalam ilmu kimia saling berhubungan antara satu dengan yang lain dan memiliki karakter yang berjenjang mulai dari yang sederhana menuju yang lebih kompleks.Salah satu materi dalam kimia yang memiliki konsep yang cukup kompleks adalah materi hidrolisis garam. Siswa harus memiliki pemahaman konseptual dan pemahaman algoritmik untuk menguasai materi hidrolisis garam. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi tingkat pemahaman konseptual dan algoritmik siswa kelas XI IPA SMAN 10 Malang (2) mengetahui letak kesulitan siswa dan (3) mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa pada materi hidrolisis garam. Desain penelitian ini adalahpenelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMAN 10 Malang yang terdiri dari 68 siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2. Subjek adalah siswa yang diduga mengalami kesulitan yang memiliki rata-rata nilai UH hidrolisis garam rendah yang dipilih secara selektif dengan teknik purposive sampling. Penjaringan data menggunakan instrumen tes diagnostik angket dan wawancara (triangulasi data). Tes diagnostik berupa soal pilihan ganda beralasan dan uraian bertahap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat pemahaman konseptual siswa tergolong sangat rendah (27 2%) dan tingkat pemahaman algoritmik siswa tergolong sangat rendah (15 8%) (2) kesulitan-kesulitan yang dialami siswa (a) pada konsep umum reaksi hidrolisis garam adalah membedakan reaksi hidrolisis dengan ionisasi dan menentukan garam yang dapat terhidrolisis (b) pada konsep penentuan jenis-jenis reaksi hidrolisis garam adalah mengidentifikasi senyawa yang tergolong asam kuat/lemah dan basa kuat/lemah (c) pada konsep persamaan reaksi hidrolisis adalah menentukan ion garam yang terhidrolisis dan menuliskan persamaan reaksi yang benar (d) pada konsep penentuan sifat larutan hasil reaksi hidrolisis garam adalah menentukan sifat keasaman larutan garam (e) pada konsep hubungan antaraKa Kb dan Kh adalah menjelaskan hubungan Ka Kb dan Kh dengan sifat keasaman garam (f) pada konsep stoikiometri larutan hidrolisis garam adalah menentukan rumus pH garam mengkonversi mol menjadi molar dan menghitung konsentrasi ion garam (g) pada konsep perhitungan nilai Ka Kb dan Kh adalah menentukan konsentrasi ion H /OH- dan menentukan rumus persamaan hubungan antaraKa Kb dan Kh yang tepat (3) faktor dominan yang mempengaruhi kesulitan siswa dalam mempelajari hidrolisis garam adalah faktor internal yaitu faktor rendahnya kemampuan manajemen waktu dan pendisiplinan diri siswa untuk belajar (40 4%) sedangkan faktor eksternal faktor yang dominan adalah faktor tidak adanya kelompok belajar siswa (37 4%).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22191

Actions (login required)

View Item View Item