Pengembangan multimedia pembelajaran kimia bahasan bentuk molekul untuk siswa SMA IPA / Erly Rohmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia pembelajaran kimia bahasan bentuk molekul untuk siswa SMA IPA / Erly Rohmawati

Rohmawati, Erly (2015) Pengembangan multimedia pembelajaran kimia bahasan bentuk molekul untuk siswa SMA IPA / Erly Rohmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rohmawati Erly. 2015. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Kimia Bahasan Bentuk Molekul untuk Siswa SMA IPA. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Munzil S.Pd M.Si. (II) Dr. Yahmin S.Pd M.Si Kata kunci Multimedia Pembelajaran Bentuk Molekul. Bentuk molekul merupakan salah satu konsep yang penting dalam kimia namun masih banyak peserta didik yang mengalami kesulitan dalam memahaminya.Penelitian lain yang telah dilakukan sebelumnya menunjukkan hasil bahwa peserta didik di beberapa sekolah menengah atas di Malang memiliki kemampuan yang rendah dalam memprediksi bentuk molekul. Hal itu disebabkan karena peserta didik kesulitan dalammenggambarkan bentuk molekul sedangkan bahan ajar yang ada selama ini hanya menampilkan bentuk molekul secara dua dimensi. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan adanya media pembelajaran yang membantu peserta didik memvisualisasikan bentuk molekul. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia pembelajaran yang layak dan diharapkan dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam memahami serta memprediksi bentuk molekul. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan yaitu model 4-D (Thiagarajan 1974) yang teridiri atas define (pendefinisian) design (perancangan desain) develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Pada penelitian pengembangan ini tahap disseminate tidak dilakukan. Validasi yang dilakukan dari segi media dan segi materi bertujuan untuk mengetahui kelayakan mutimedia pembelajaran yang telah dihasilkan. Pelaksanaan validasi dilakukan dua kali yakni validasi media dan materi oleh dosen kimia kemudian dilanjutkan dengan validasi materi oleh guru SMA N 1 Malang. Uji coba terbatas dilakukan terhadap sepuluh orang peserta didik SMA N 1 Malang. Data penelitian diperoleh dari angket validator dan angket uji coba terbatas yang menggunakan skala likert 1-5. Multimedia pembelajaran yang dikembangkan disajikan dalam bentuk softfile yang dikemas dalam Compact Dics (CD). Karakteristik dari multimedia yaitu (a) mencakup representasi makroskopik sub mikroskopik dan simbolik (b) representasi makroskopik ditampilkan melalui video (c) representasi sub mikroskopik ditampilkan melalui animasi (d) representasi simbolik ditampilkan melalui teks (e) alur belajar multimedia dirancang agar peserta didik mampu mengkonstruk konsep bentuk molekul. Hasil validasi yang diperoleh dari segi media sebesar 81 1% validasi segi materi sebesar 83 42% dan hasil uji coba terbatas sebesar 89 2%. Hasil penelitian menujukkan bahwa multimedia pembelajaran ini layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22189

Actions (login required)

View Item View Item