Pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kualitas proses pembelajaran, motivasi belajar dan hasil belajar siswa / Awalul Mukaromah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kualitas proses pembelajaran, motivasi belajar dan hasil belajar siswa / Awalul Mukaromah

Mukaromah, Awalul (2015) Pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kualitas proses pembelajaran, motivasi belajar dan hasil belajar siswa / Awalul Mukaromah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mukaromah Awalul. 2015. Pengaruh penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kualitas Proses Pembelajaran Motivasi belajar dan Hasil Belajar Siswa. Skripsi Program Studi Pendidikan Kimia FMIPA UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Suhadi Ibnu M.A Ph.D (2) Dr. Munzil Spd M.Si Kata Kunci inkuiri terbimbing kualitas proses motivasi belajar hasil belajar. Pembelajaran yang disarankan disekolah adalah pembelajaran konstruktivistik. Pembelajaran konstruktivistik menuntun siswa untuk mengkonstruk atau menemukan konsep sendiri sehingga memerlukan model pembelajaran yang tepat. Salah satu model pemebelajaran yang digunakan adalah model belajar inkuiri terbimbing. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui perbedaan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan ceramah-praktikum terhadap kualitas proses belajar siswa kelas XI IPA SMAN 2 Situbondo (2) mengetahui perbedaan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan ceramah-praktikum terhadap motivasi belajar siswa kelas XI IPA SMAN 2 Situbondo. (3) mengetahui perbedaan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan ceramah-praktikum terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA SMAN 2 Situbondo. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif dan eksperimental. Rancangan deskriptif digunakan untuk mengetahui hasil belajar afektif psikomotorik dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan dua kelas yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen yaitu kelas yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Kelas kontrol diajar dengan menggunakan model pembelajaran ceramah-praktikum. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMAN 2 Situbondo tahun ajaran 2013/ 2014. Data kemampuan awal siswa diperoleh dari ulangan harian Larutan Penyangga. Instrumen penelitian terdiri dari tes hidrolisis garam lembar observasi dan angket. Dari hasil uji coba diperoleh reliabilitas sebesar 0 846. Hasil penelitian pembelajaran hidrolisis secara inkuiri terbimbing di kelas XI SMA Negeri 2 Situbondo menunjukkan bahwa (1) kualitas proses pembelajaran lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran ceramah-praktikum (2) motivasi belajar siswa yang lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran ceramah-praktikum (3) hasil belajar yang lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran ceramah-praktikum.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22188

Actions (login required)

View Item View Item