Pengembangan bahan ajar menggunakan pendekatan saintifik untuk mengeksplisitkan hakikat sains (NOS) dan berpikir kritis pada materi asam basa dan titrasi / Nur Lailiyah Zafi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar menggunakan pendekatan saintifik untuk mengeksplisitkan hakikat sains (NOS) dan berpikir kritis pada materi asam basa dan titrasi / Nur Lailiyah Zafi

Zafi, Nur Lailiyah (2015) Pengembangan bahan ajar menggunakan pendekatan saintifik untuk mengeksplisitkan hakikat sains (NOS) dan berpikir kritis pada materi asam basa dan titrasi / Nur Lailiyah Zafi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Zafi NurLailiyah. 2015. PengembanganBahan Ajar MenggunakanPendekatanSaintifikuntukMengeksplisitkanHakikatSains (NOS) danBerpikirKritispadaMateriAsamBasadanTitrasi. Skripsi Jurusan Kimia FakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dra. SriRahayu M.Ed. Ph.D.(II) Dr. Yahmin S.Pd. M.Si. Kata Kunci bahan ajar literasisains pendekatansaintifik hakikatsains (NOS) berpikirkritis Kesulitanpembelajarankimia di SMA khususnyapadamateriasamdanbasadisebabkanolehkurangnyapemahamansiswaterhadapketerkaitanantaratigaaspekrepesentasi.Selainitu berdasarkanpenelitian yang dilakukanoleh PISA rendahnyakemampuanberliterasisainssiswa Indonesiajugadapatmenyebabkanterjadinyakesulitanbelajartersebut.Kurangnyakemampuansiswadalamhalmengaitkantigaaspekrepresentasidalambelajarkimiadanrendahnyakemampuanliterasisainsdapatdisebabkanolehbahan ajar yang tersediatidakdapatmenunjangketerampilan-keterampilantersebut.Peningkatankemampuanberliterasisainssiswadapatdilakukandenganmengeksplisitkanhakikatsainsdanberpikirkritisdalampembelajaran.Pengembanganbahan ajar inibertujuanuntukmenghasilkanprototipebahan ajar menggunakanpendekatansaintifikuntukmegeksplisitkanhakikatsains (NOS) danberpikirkritispadamateriasambasa danuntukmengetahuitingkatkelayakandariprototipebahan ajar melaluivalidasibahan ajar tersebut. Model pengembangan yang digunakanadalah model pengembangan 4D yang terdiridariempattahapyaitu tahapmembatasi (define) merancang (design) mengembangkan (develop) danmenyebarkan (disseminate). Namun model 4D yang digunakandalampenelitianinihanyaterbatassampaitahapdevelop dantidaksampaipadatahapdisseminate. Bahan ajar hasilpengembanganinidivalidasiolehdosenjurusankimiadan guru matapelajarankimiasebagai validator ahlidan validator praktisi.Validasidilakukanuntukmendapatkan data berupapenilaiandan saran-saran terhadapprototipebahan ajar hasilpengembangan. Hasilpengembanganiniberupaprototipebahan ajar yang terdiridaribukusiswadanbukupanduan guru.Bukusiswamemuatmateriasambasadantitrasidanbukupanduan guru berisipengantarpembelajaranmenggunakanpendekatansaintifik petunjukpenggunaanbukusiswa silabus RPP daninstrumenpenilaian. Dari hasilvalidasibahan ajar secarakeseluruhandiperolehnilai rata-rata 84 1% untukbukusiswadengankriteriasangatlayakdan 91 7% untukbukupanduan guru dengankriteriasangatlayak. Olehkarenaitudapatdisimpulkanbahwabahan ajar menggunakanpendekatansaintifikuntukmengeksplisitkanhakikatsains (NOS) danberpikirkritispadamateriasambasadantitrasisangatlayakuntukditerapkandalampembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22186

Actions (login required)

View Item View Item