Pengembangan modul kontrol diri dalam berpacaran bagi siswa SMP / Tri Mei Kusumawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul kontrol diri dalam berpacaran bagi siswa SMP / Tri Mei Kusumawati

Kusumawati, Tri Mei (2015) Pengembangan modul kontrol diri dalam berpacaran bagi siswa SMP / Tri Mei Kusumawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kusumawati Tri Mei. 2015. Pengembangan Modul Kontrol Diri dalam Berpacaran bagi Siswa SMP. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling FIP Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Drs. Hariadi Kusumo M.Pd (2) Dr. Hj. Muslihati S.Ag. M.Pd. Kata Kunci pengembangan modul kontrol diri berpacaran. Permasalahan saat ini banyak dijumpai remaja tingkat SMP yang berpacaran. Sebagian besar mereka berpacaran di luar batas pacaran seusia mereka. Berdasarkan informasi yang dilakukan peneliti siswa mengatakan kalau pacaran tidak hanya dengan bergandengan tangan akan tetapi berciuman dan berganti-ganti pasangan. Lemahnya kontrol diri dalam masa remaja sangat perlu diperhatikan. Maka remaja ini perlu memiliki kontrol diri yang baik agar perilaku berpacaran yang mereka lakukan tidak melanggar batasan yang ada. Penyampaian informasi kontrol diri dapat dioptimalkan dengan menggunakan media. Media tersebut adalah modul sehingga siswa akan lebih tertarik untuk membacanya. Dan tidak lupa isi modul akan diberikan gambar warna yang menarik perhatian supaya siswa lebih interaktif dalam membaca dan mempelajarinya. Penelitian ini bertujuan mengembangkan modul kontrol diri dalam berpacaran bagi siswa SMP dengan harapan konselor dapat memberikan layanan informasi kepada siswa untuk bisa meningkatkan kontrol diri dalam perilaku berpacarannya yang memenuhi kriteria keberterimaan. Empat kriteria keberterimaan yaitu kriteria ketepatan kegunaan kemenarikan dan kemudahan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari sepuluh langkah. Pada penelitian tersebut sampai di langkah keenam yaitu melakukan uji lapangan utama. Subjek penelitian terdiri dari ahli bimbingan dan konseling ahli media dan calon pengguna produk (konselor dan siswa) SMP 7 Malang. Instrumen pengumpulan data adalah skala penilaian. Modul kontrol diri dalam berpacaran bagi siswa SMP adalah bahan bimbingan berbasis cetakan yang disusun dalam bentuk satuan tertentu. Modul berisi materi penugasan rangkuman dan evaluasi yang didesain guna memperlancarkan pelaksanaan layanan yang diberikan serta dilengkapi dengan petunjuk-petunjuk agar siswa dapat belajar secara mandiri. Isi modul terdiri dari kumpulan materi yang menjelaskan tentang kontrol diri dalam berpacaran bagi siswa SMP. Berdasarkan hasil analisis data penilaian ahli dan calon pengguna serta revisi-revisi yang dilakukan sesuai dengan saran dan masukan terhadap produk ini dapat disimpulkan bahwa modul kontrol diri dalam berpacaran bagi siswa SMP sudah memenuhi kriteria keberterimaan. Saran bagi konselor dalam menggunakan modul kontrol diri hendaknya digunakan untuk semua kelas. Siswa diharapkan dapat mempelajari materi secara mandiri sehingga siswa dapat meningkatkan kontrol diri dalam berpacaran. Peneliti selanjutnya hendaknya melakukan penelitian eksperimen untuk mengetahui keefektifan modul kontrol diri dalam berpacaran bagi siswa SMP.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Sep 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2218

Actions (login required)

View Item View Item