Keefektifan blended learning: strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dipadu dengan facebook terhadap pemahaman konseptual, algoritmik, dan efikasi diri siswa pada materi laju reaksi / Dhidi Erwanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan blended learning: strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dipadu dengan facebook terhadap pemahaman konseptual, algoritmik, dan efikasi diri siswa pada materi laju reaksi / Dhidi Erwanto

Erwanto, Dhidi (2015) Keefektifan blended learning: strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dipadu dengan facebook terhadap pemahaman konseptual, algoritmik, dan efikasi diri siswa pada materi laju reaksi / Dhidi Erwanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Erwanto Dhidi. 2015. Keefektifan Blended Learning Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dipadu dengan Facebook Terhadap Pemahaman Konseptual Algoritmik dan Efikasi Diri Siswa Pada Materi Laju Reaksi. Tesis. Program Studi Pendidikan Kimia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dra. Srini M. Iskandar M.Sc. Ph.D. (II) Dr. H. Sutrisno M.Si. Kata kunci blended learning pemahaman konseptual algoritmik efikasi diri. Dewasa ini perubahan paradigma dari pendekatan pembelajaran tradisional menjadi pendekatan yang berorientasi pada teknologi modern ke dalam proses pembelajaran perlu dipertimbangkan. Hal ini bertujuan agar siswa lebih aktif membangun pengetahuan secara mandiri. Blended learning merupakan salah satu pendekatan yang dapat digunakan melalui penerapan strategi inkuiri terbimbing dipadu dengan facebook yang memberikan kesempatan kepada siswa aktif membangun pengetahuan secara mandiri dalam pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui keefektifan blended learning melalui penerapan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dipadu dengan facebookterhadap pemahaman konseptual algoritmik dan efikasi diri siswa pada materi laju reaksi. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasy experimental design dengandesainposttest only nonequivalent control group. Subjek penelitian adalah 60 siswa kelas XI MIA SMA Negeri 9 Malang tahun pelajaran 2014/2015 ditentukan menjadi dua kelas secara acak. Kelas ekperimen dibelajarkan menggunakan blended learning melalui penerapan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dengan facebooksebanyak 30 siswa dan kelas kontrol dibelajarkan hanya menggunakan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing sebanyak 30 siswa. Data penelitian berupa skor pemahaman konseptual dan algoritmik terdiri dari 20 butir soal pilihan ganda dan kuisioner efikasi diri sebanyak 18 butir pernyataan. Analisis data penelitian menggunakan uji MANOVA. Hasil penelitian pembelajaran laju reaksi melalui blended learning menggunakan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dipadu dengan facebookmenunjukkan bahwa (1) pemahaman konseptual dan algoritmik siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dari siswa pada kelas kontrol (2) efikasi diri siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dari siswa pada kelas kontrol meskipun kedua kelas memiliki rata-rata skor efikasi diri dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa blended learning melalui penerapan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dipadu dengan facebooklebih efektif dari siswa yang hanya di belajarkan menggunakan inkuiri terbimbing materi laju reaksi. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22178

Actions (login required)

View Item View Item