Pengembangan bahan ajar menggunakan pendekatan saintifik untuk mengeksplisitkan hakikat sains (NOS) dan berpikir kritis pada materi termokimia / Selvina Maharani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar menggunakan pendekatan saintifik untuk mengeksplisitkan hakikat sains (NOS) dan berpikir kritis pada materi termokimia / Selvina Maharani

Maharani, Selvina (2015) Pengembangan bahan ajar menggunakan pendekatan saintifik untuk mengeksplisitkan hakikat sains (NOS) dan berpikir kritis pada materi termokimia / Selvina Maharani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Maharani Selvina. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Pendekatan Saintifik untuk Mengeksplisitkan Hakikat Sains (NOS) dan Berpikir Kritis pada Materi Termokimia. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Prayitno M.Pd (II) Dra. Sri Rahayu M.Ed Ph.D Kata Kunci Bahan ajar pendekatan saintifik hakikat sains (NOS) berpikir kritis literasi sains Berdasarkan hasil penelitian terhadap hasil pembelajaran didapatkan siswa mengalami kesulitan dan kesalahan konsep pada materi termokimia. Salah satu penyebab kesulitan adalah pendekatan pembelajaran yang digunakan kurang tepat dan tidak mengacu pada pengembangan kemampuan siswa dalam berliterasi sains. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian OECD melalui PISA literasi sains siswa Indonesia masih tergolong rendah. Untuk mengatasi kesulitan tersebut diperlukan proses pembelajaran yang melibatkan siswa aktif membangun konsep sendiri secara mandiri. Proses pembelajaran tersebut yaitu melalui pendekatan saintifik. Namun sampai saat ini belum ada bahan ajar yang sesuai dengan pendekatan saintifik dan masih mengimplisitkan aspek hakikat sains (NOS) sehingga aspek NOS kurang mendapat perhatian siswa. Oleh karena itu bahan ajar yang dikembangkan ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar menggunakan pendekatan saintifik untuk mengeksplisitkan hakikat sains (NOS) dan berpikir kritis pada materi termokimia agar dapat meningkatkan kemampuan berliterasi sains siswa. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4D yang terdiri dari tahap pembatasan (define) perancangan (design) pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Namun pengembangannya hanya terbatas pada tahap define design serta develop dan tidak sampai pada tahap disseminate karena keterbatasan waktu biaya dan tenaga. Dalam pengembangan ini akan diperoleh data kuantitatif berdasarkan skor angket yang disusun dalam skala Likert serta data kualitatif berdasarkan tanggapan dan saran-saran perbaikan yang diisi oleh validator ahli dan guru kimia terhadap bahan ajar yang dikembangkan. Spesifikasi bahan ajar yang dikembangkan adalah bahan ajar digunakan agar memudahkan siswa dalam mengkonstruk konsep secara mandiri dan tersedia dalam dua bentuk buku yaitu buku guru dan buku siswa yang dieksplisitkan hakikat sains pada materi yang berhubungan dan indikator berpikir kritis pada soal menalar. Hasil validasi bahan ajar secara keseluruhan diperoleh nilai rata-rata 90 7% untuk buku siswa dengan kriteria sangat layak dan 92 5% untuk buku panduan guru dengan kriteria sangat layak. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa bahan ajar menggunakan pendekatan saintifik untuk mengeksplisitkan hakikat sains (NOS) dan berpikir kritis pada materi termokimia sangat layak untuk diterapkan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22177

Actions (login required)

View Item View Item