Perbedaan hasil belajar dan motivasi belajar siswa materi hidrolisis garam pada penerapan model pembelajaran learning cycle 5E dan learning cycle 5E-numbered heads together bagi siswa kelas XI SMA Negeri 5 Malang / Rachmasari Putri Anggini - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar dan motivasi belajar siswa materi hidrolisis garam pada penerapan model pembelajaran learning cycle 5E dan learning cycle 5E-numbered heads together bagi siswa kelas XI SMA Negeri 5 Malang / Rachmasari Putri Anggini

Anggini, Rachmasari Putri (2015) Perbedaan hasil belajar dan motivasi belajar siswa materi hidrolisis garam pada penerapan model pembelajaran learning cycle 5E dan learning cycle 5E-numbered heads together bagi siswa kelas XI SMA Negeri 5 Malang / Rachmasari Putri Anggini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anggini Rachmasari Putri. 2015. Perbedaan Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Materi Hidrolisis Garam pada Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E dan Learning Cycle 5E-Numbered Heads Together bagi Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Malang. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Endang Budiasih M.S. (II) Evi Susanti S.Si. M.Si. Kata kunci Learning Cycle 5E Numbered Heads Together (NHT) hasil belajar motivasi belajar hidrolisis garam Pembelajaran kimia di tingkat SMA pada umumnya cenderung berpusat pada guru dan kerjasama antar siswa dalam berdiskusi kelompok masih kurang. Untuk mengatasinya diperlukan model pembelajaran berbasis konstruktivis meliputi model pembelajaran Learning Cycle 5E yang dipadukan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) keterlaksanaan proses pembelajaran Learning Cycle 5E dan Learning Cycle 5E-NHT (2) ada tidaknya perbedaan hasil belajar kognitif (3) hasil belajar afektif dan (4) motivasi belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E dan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E berpadu NHT pada materi hidrolisis garam. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian quasy experimental design dengan post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA SMA Negeri 5 Malang tahun ajaran 2014/ 2015 yang terdiri dari 7 kelas. Pemilihan kelas kontrol dan eksperimen dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Kelas XI MIA 2 terpilih sebagai kelas eksperimen (dibelajarkan dengan Learning Cycle 5E-NHT) dan kelas XI MIA 5 sebagai kelas kontrol (dibelajarkan dengan Learning Cycle 5E). Data hasil belajar kognitif siswa dianalisis secara statistik menggunakan uji-t sementara data keterlaksanaan proses pembelajaran nilai kuis hasil belajar afektif dan motivasi belajar siswa dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterlaksanaan proses pembelajaran Learning Cycle 5E-NHT pada kelas eksperimen (95 4%) dan Learning Cycle 5E pada kelas kontrol (93 2%) berlangsung sangat baik (2) Ada perbedaan hasil belajar kognitif antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E-NHT dan dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E dimana nilai hasil belajar dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E-NHT (x 773 90 7) lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E (x 773 85 4) (3) Rata- rata hasil belajar afektif siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E NHT (x 773 88 7) lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E (x 773 84 4) (4) Motivasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E NHT (persentase dengan kriteria sangat termotivasi 57 6%) lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E (persentase dengan kriteria sangat termotivasi 40 6%).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22171

Actions (login required)

View Item View Item