Pengembangan bahan ajar menggunakan pendekatan saintifik untuk mengeksplisitkan hakikat sains (NOS) dan berfikir kritis pada materi ikatan kimia dan gaya antarmolekul / Ivan Ashif Ardhana

Ardhana, Ivan Ashif (2015) Pengembangan bahan ajar menggunakan pendekatan saintifik untuk mengeksplisitkan hakikat sains (NOS) dan berfikir kritis pada materi ikatan kimia dan gaya antarmolekul / Ivan Ashif Ardhana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ardhana, Ivan Ashif. 2015. PengembanganBahan Ajar MenggunakanPendekatanSaintifikuntukMengeksplisitkanHakikatSains(NOS) danBerpikirKritispadaMateriIkatan Kimia dan Gaya Antarmolekul. Skripsi, Jurusan Kimia, FakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam, UniversitasNegeri Malang, Pembimbing: (I) Dra. Sri Rahayu, M.Ed.,Ph.D. (II) Drs. Prayitno, M.Pd. Kata Kunci: bahan ajar, literasisains, hakikatsains, berpikirkritis, pendekatansaintifik Pembelajaransainskimiadewasainimenunjukkanadanyaperubahandari triplet makroskopis, mikroskopis, dansimbolismenjadibentuk tetrahedron. Perubahantersebutmenempatkanaspekkemanusiaanpadapuncakpembelajaran. Artinya,siswadiharapkanmemilikikemampuanmemecahkanmasalah-masalah yang berkaitandenganetika, moral, dankemanusiaanmelalui proses pembelajaran. Kemampuantersebutmerupakanliterasisains yang telahdimunculkansecaratersiratpadakurikulum 2013. Literasisainsmemilikiaspekhakikatsainsdanberpikirkritis yang dapatdieksplisitkanmelaluipembelajarandenganpendekatansaintifikdaninkuiriilmiah.Sayangnya, kemampuanliterasisainssiswa Indonesia masihjauhdariharapan. Survei PISA membuktikanhaltersebutdenganselalumenempatkan Indonesia padaposisilimaterbawahpadakurunwaktu 2002 hingga 2012. Salah satuupayauntukmeningkatkankemampuanliterasisainssiswaadalahdenganmengembangkanbahan ajar menggunakanpendekatansaintifiksesuaikurikulum 2013. Bahan ajar inimemasukkanaspekhakikatsainsdanberpikirkritis yang diajarkansecaraeksplisitgunameningkatkancarapandangsiswaterhadapsains. Pengembanganbertujuanmenghasilkanprototipesertabahan ajar yang menggunakanpendekatansaintifikpadamateriikatankimiadangayaantarmolekuluntuksiswa SMA/MA sederajatkelas X. Selainitu, akandiperolehpenilaiankuantitatif, komentar, dan saran terhadapbahan ajar hasilpengembanganmelaluiproses validasi. Model pengembangan yang digunakanadalah model pengembangan 4D yangterdiridariempattahapyaitutahapmembatasi,merancang, mengembangkan, danmenyebarkan. Namun, model 4D yang digunakandalampenelitianinihanyaterbatassampaitahapmengembangkandantidaksampaipadatahapmenyebarkankarenaketerbatasanwaktu, tenaga, sertabiaya.Bahan ajar hasilpengembangandivalidasiolehempat validator yaituduadosendariJurusan Kimia dandua guru kimia SMA. Hasilpenelitianberupapenilaiankuantitatifmenghasilkanpresentase rata-rata sebesar 92.75% untukbukusiswadengankriteriasangatlayak, sedangkanuntukbuku guru mendapatkanpresentasesebesar 96.98% dengankriteriasangatlayak pula. Data kualitatifberupakomentardan saran pada proses validasidigunakansebagaipertimbanganpadarevisibahan ajar. Dari hasilvalidasi, dapatdisimpulkanbahwabahan ajar menggunakanpendekatansaintifikuntukmengeksplisitkanhakikatsainsdanberpikirkritispadamateriikatankimiadangayaantarmolekulsangatlayakuntukdigunakandalampembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22170

Actions (login required)

View Item View Item