Pengembangan bahan ajar menggunakan pendekatan saintifik untuk mengeksplisitkan hakikat sains (NOS) dan berfikir kritis pada materi larutan elektrolit-nonelektrolit dan reaksi redoks / Eva Siska Metalia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar menggunakan pendekatan saintifik untuk mengeksplisitkan hakikat sains (NOS) dan berfikir kritis pada materi larutan elektrolit-nonelektrolit dan reaksi redoks / Eva Siska Metalia

Metalia, Eva Siska (2015) Pengembangan bahan ajar menggunakan pendekatan saintifik untuk mengeksplisitkan hakikat sains (NOS) dan berfikir kritis pada materi larutan elektrolit-nonelektrolit dan reaksi redoks / Eva Siska Metalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Metalia Eva S. 2015. Pengembangan Bahan Ajar MenggunakanPendekatanSaintifikuntuk Mengeksplisitkan HakikatSains (NOS) dan Berpikir Kritis pada Materi Larutan Elektrolit-Nonelektrolit dan Reaksi Redoks. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang.Pembimbing (I) Dra. Sri Rahayu M.Ed. Ph.D (II) Drs. Prayitno M.Pd. Kata kunci bahan ajar literasi sains pendekatansaintifik hakikat sains berpikir kritis model 4D. Hasil PISA 2012 menunjukkan bahwa literasi sains siswa di Indonesia masihtergolong rendah dibandingkan negara-negara lain.Hal tersebutmerupakanpermasalahanpendidikan yang harusdiselesaikan. Salah satuupaya yang dapatdilakukanuntukmengatasimasalahtersebutadalahdenganmenekankankomponenutamaliterasisains yaituhakikatsainsdanberpikirkritis. Fakta di lapanganmenunjukkanbahwahakikatsainsdanberpikirkritiskurangditekankansecaraeksplisitdalambahan ajar kimia. Olehkarenaitu diperlukanbahan ajar yang secarategasmengeksplisitkanhakikatsainsdanberpikirkritis. Penelitianinibertujuanuntukmenghasilkanprototipebahanajar menggunakanpendekatansaintifikuntukmengeksplisitkanhakikatsainsdanberpikirkritispadamaterilarutanelektrolit-nonelektrolitdanreaksiredoksdanmengetahuikelayakannya. Penelitian pengembangan ini menggunakan model 4D yang sudah dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan yang meliputitahapmembatasi (define) merancang (design) mengembangkan (develop) dan menyebarkan (disseminate).Namun model 4D yang digunakandalampenelitianinihanyaterbatassampaitahapmengembangkan.Validasiprototipe bahan ajar dilakukan oleh duadosen dan duaguru kimia SMA. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwabukusiswasecarakeseluruhan baikpadamaterilarutanelektrolitdannonelektrolitmaupunreaksiredokssudahmencapaikriteriasangatlayak denganpersentase 89 7% untukbukusiswamaterilarutanelektrolitdannonelektrolitdan 90 5% untukbukusiswamaterireaksiredoks. Buku guru baikpadamaterilarutanelektrolitdannonelektrolitmaupunreaksiredoksjugamencapaikriteriasangatlayakdenganpersentase 91 8% untukbuku guru materilarutanelektrolitdannonelektrolitdan 92 1% untukbuku guru materireaksiredoks.Berdasarkanhasilvalidasitersebut makadapatdisimpulkanbahwaprototipebahan ajar yang telahdikembangkandenganmenggunakanpendekatansaintifikuntukmengeksplisitkanhakikatsains (NOS) danberpikirkritispadamaterilarutanelektrolit-nonelektrolitdanreaksiredoksinitelahlayakuntukdilakukanujilapangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22168

Actions (login required)

View Item View Item