Pengembangan modul kesetimbangan kimia menggunakan pendekatan ilmiah (scientific approach) untuk siswa SMA kelas XI / Latifah Camelia Ratnaningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul kesetimbangan kimia menggunakan pendekatan ilmiah (scientific approach) untuk siswa SMA kelas XI / Latifah Camelia Ratnaningtyas

Ratnaningtyas, Latifah Camelia (2015) Pengembangan modul kesetimbangan kimia menggunakan pendekatan ilmiah (scientific approach) untuk siswa SMA kelas XI / Latifah Camelia Ratnaningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ratnaningtyas Latifah Camelia. 2015. Pengembangan Modul Kesetimbangan Kimia Menggunakan Pendekatan Ilmiah (Scientific Approach) Untuk Siswa SMA Kelas XI. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs.I Wayan Dasna M.Si M.Ed Ph.D (2) Drs. Darsono Sigit M.Pd. Kata kunci Modul Pembelajaran Pendekatan Ilmiah Kesetimbangan Kimia. Kurikulum 2013 yang sedang disiapkan pemerintah memerlukan bahan ajar yang sesuai dengan pendekatan kurikulum tersebut yaitu pendekatan ilmiah (Scientific Approach). Bahan ajar yang tersedia saat ini di sekolah masih mengacu pada kurikulum sebelumnya yaitu KTSP. Untuk mengatasi hal tersebut maka perlu dikembangkan suatu modul yang dapat digunakan sebagai alternatif bahan ajar yang sesuai dengan kurikulum 2013. Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan modul kesetimbangan kimia menggunakan pendekatan ilmiah (scientific approach) dan mengetahui kelayakan modul yang telah dikembangkan melalui hasil validasi. Modul dikembangkan berdasarkan model 4-Dyangterdiri atas empat tahapan yaitu define design develop dan disseminate. Namun pada pengembangan modul ini hanya dilakukan sampai pada tahap ketiga yaitu develop (pengembangan). Desain validasi terdiri dari validasi isi dan uji keterbacaan pada peserta didik. Validasi menggunakan angketyang dilakukan oleh validator yang terdiri dari dua dosen kimia Universitas Negeri Malang dan dua guru kimia SMA/MA. Uji keterbacaan dilakukan pada siswa sebagai pengguna modul untuk mengetahui tingkat keterbacaan modul. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif berdasarkan angket penilaian dan data kualitatif melalui komentar saran dan kritik dari validator. Analisis data menggunakan teknik persentase.Tingkat validasi menggunakan standar yang dikemukakan oleh Akbar (2013). Modul hasil pengembangan terdiri dari bagian pendahuluan isi dan penutup. Bagian isi terdiri dari tiga submateri yaitu (1) Kesetimbangan Dinamis (2) Tetapan Kesetimbangan (Kc dan Kp) dan (3) Pergeseran Kesetimbangan. Setiap submateri (kegiatan belajar) disajikan sesuai dengan tahapan pendekatan ilmiah. Berdasarkan hasil validasi modul ini telah memenuhi kriteria sangat layak dengan rata-rata persentase sebesar 88 1 % dan pada uji coba terbatas pada siswa didapatkan rata-rata persentase sebesar 84 9 % dengan kriteria layak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22167

Actions (login required)

View Item View Item