Asriya, Silma Nur (2015) Perbedaan hasil belajar dan motivasi belajar materi reaksi redoks pada penerapan model pembelajaran learning cycle 5 fase dan learning cycle 5 fase-jigsaw bagi siswa kelas X SMAN 4 Malang / Silma Nur Asriya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Asriya Silma Nur.2015. PerbedaanHasilBelajardanMotivasiBelajarMateriReaksiRedokspadaPenerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5 Fasedan Learning Cycle 5 Fase-Jigsaw bagiSiswaKelas X SMAN 4 Malang Skripsi Jurusan Kimia FakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Hj. EndangBudiasih M.S. (2) Dra. DedekSukarianingsih M.Pd. M.Si. Kata Kunci Learning Cycle 5Fase Jigsaw hasilbelajar motivasibelajar reaksiredoks. Strategi yang digunakandalamkegiatanpembelajaransebaiknyadapatmembuatsiswasenang interaktifdankondusif. Salah satu model pembelajaran yang sesuaidandapatmengkonstrukspengetahuansiswaadalahmodel pembelajaranLearning Cycle 5 fase (LC 5E). Model pembelajaranLC 5E terdiridaritahap-tahappembelajaranyaituengagement exploration explanation elaboration dan evaluation. Faseexploration explanationdanelaboration seringdiisidengankegiatandiskusikelompokdengantujuanuntukmemudahkansiswadalammengkonstrukpemahamannya. Selamainidiskusikelompok yang dilakukanpadapembelajaranLC 5Ekurangberpola sedangkansaatinitelahbanyakberkembang model pembelajarankooperatif yang berpola. Salah satu model pembelajarankooperatif yang menekankanpertanggungjawabanindividu yang tinggiadalahmodel pembelajarankooperatiftipejigsaw.Penelitianinibertujuanuntukmengetahui keterlaksanaanpembelajaran perbedaanhasilbelajardanmotivasibelajarsiswa yang dibelajarkandenganmenggunakan model pembelajaranLC 5Edansiswa yang dibelajarkandengan model pembelajaranLC 5E-Jigsaw. Penelitianinimenggunakanrancanganeksperimentalsemudengandesainposttest only control group design.Populasipenelitianiniadalahsiswakelas X SMAN 4 Malang.Sampelpenelitianditentukandenganteknikcluster random sampling.Instrumenpenelitianmeliputiinstrumenpembelajaran (silabus RPP handoutdan LKPD)daninstrumenpengukuran (soaltes angketdanlembarobservasi). Analisis data dilakukandengananalisisdeskriptifdanuji-t padasignifikansi 945 0 05. HasilPenelitianmenunjukkanbahwa (1) Pembelajaran model LC5E danLC 5E-Jigsaw telahterlaksanadengansangatbaikdengan rata-rata persentaseketerlaksanaanmasing-masing 91 30% dan 93 75%. (2) Ada perbedaanhasilbelajarantarasiswa yang dibelajarkanmenggunakan model pembelajaranLC 5E-Jigsaw(rerata 2 84) dengansiswa yang dibelajarkanmenggunakan model pembelajaranLC 5E(rerata 2 54). (3) Siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran LC 5E-Jigsaw memiliki motivasi belajar lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran LC 5E. Persentase siswa yang sangat termotivasi pada siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran LC 5E-Jigsaw adalah 42 % sedangkan pada siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran LC 5E adalah 25 %.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Users 2 not found. |
Date Deposited: | 03 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/22165 |
Actions (login required)
View Item |