Pengaruh strategi pembelajaran NHT-peta konsep terhadap hasil belajar asam basa pada siswa kelas XI SMAN 9 Malang / Shelalia Yusdiarti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran NHT-peta konsep terhadap hasil belajar asam basa pada siswa kelas XI SMAN 9 Malang / Shelalia Yusdiarti

Yusdiarti, Shelalia (2015) Pengaruh strategi pembelajaran NHT-peta konsep terhadap hasil belajar asam basa pada siswa kelas XI SMAN 9 Malang / Shelalia Yusdiarti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yusdiarti Shelalia. 2015. Pengaruh Strategi Pembelajaran NHT-Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Asam-Basa Pada Siswa Kelas XI SMAN 9 Malang. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Munzil S.Pd. M.Si. (II) Dr. Yahmin S.Pd. M Si. Kata Kunci Numbered Heads Together peta konsep asam basa hasil belajar Pendidikan di Indonesia saat ini sedang mengalami perubahan menuju pembelajaran yang lebih bermakna bagi siswa.Aktivitas siswa dalam pembelajaran cukup tinggi namun tingkat kerjasama umumnya masih rendah karena siswa cenderung bersikap individu. Oleh karena itu perlu upaya untuk meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran yang melibatkan peran aktif siswa. Strategi pembelajaran yang dapat digunakan yaitu strategi pembelajaran Numbered Heads Togetheryang dipadukan dengan pembuatan peta konsep. Materi asam basa bersifat konseptual dan mengandung unsur perhitunganserta lebih menekankan pada pemahaman konsep yang saling berkaitan sehingga sesuai dibelajarkan dengan strategi pembelajaran Numbered Heads Together -peta konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaranNumbered Heads Together-peta konsep terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMAN 9 Malang pada materi pokok asam basa. Rancangan penelitian yang digunakan yakni rancangan eksperimen semu (quasy experiment) dengan pretest-posttest group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI MIA SMAN 9 Malang yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Kelas eksperimen (XI MIA 3) dibelajarkan dengan strategi pembelajaran Numbered Heads Together-peta konsep dan kelas kontrol (XI MIA 5) dibelajarkan dengan strategi pembelajaran Numbered Heads Together. Analisis data hasil penelitian dilakukan secara statistik. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t pada taraf signifikansi adalah 0 05 dengan bantuan program SPSS 20.0 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan Terdapat pengaruh strategi pembelajaranNumbered Heads Together-peta konsep terhadap hasil belajar asam basa kelas XI SMAN 9 Malang dengan nilai signifikansi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22164

Actions (login required)

View Item View Item