Pengembangan bahan ajar menggunakan pendekatan saintifik untuk mengeksplisitkan hakikat sains (NOS) dan berpikir kritis pada materi larutan penyangga / Riska Viana Kurniawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar menggunakan pendekatan saintifik untuk mengeksplisitkan hakikat sains (NOS) dan berpikir kritis pada materi larutan penyangga / Riska Viana Kurniawati

Kurniawati, Riska Viana (2015) Pengembangan bahan ajar menggunakan pendekatan saintifik untuk mengeksplisitkan hakikat sains (NOS) dan berpikir kritis pada materi larutan penyangga / Riska Viana Kurniawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kurniawati Riskaviana. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Pendekatan Saintifik untuk Mengeksplisitkan Hakikat Sains (NOS) dan Berpikir Kritis pada Materi Larutan Penyangga. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Prayitno M.Pd. (II) Dr. Fauziatul Fajaroh M.S. Kata Kunci bahan ajar literasi sains pendekatan saintifik hakikat sains (NOS) berpikir kritis model 4D Bahan ajar pada materi larutan penyangga yang ada saat ini kecenderungannya masih bersifat informatif dan menuntut siswa untuk menghafal rumus. Hal demikian ini dapat membuat siswa mengalami kesulitan dalam mengkonstruks konsep. Rendahnya pemahaman konsep sains siswa Indonesia tercermin pada hasil PISA. Hasil PISA pada tahun 2009 (ranking 38 dari 40 negara) dan pada tahun 2012 (ranking 64 dari 65 negara). Keadaan demikian sebagai salah satu alasan pemerintah melakukan reformasi kurikulum yang bertujuan menjadikan masyarakat yang berliterasi sains. Literasi sains dapat ditingkatkan dengan menerapkan hakikat sains (NOS) dan berpikir kritis. Fakta yang ada di lapangan bahan ajar kimia yang ada masih belum mengeksplisitkan hakikat sains (NOS). Oleh karena itu dalam pembelajaran larutan penyangga perlu dikembangkan bahan ajar yang menerapkan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik dan mengajarkan secara eksplisit aspek hakikat sains (NOS) dan berpikir kritis. Bahan ajar ini dapat mengarahkan siswa memahami hakikat sains (NOS) melalui pernyataan langsung dan melatih siswa dalam berpikir kritis sehingga akan meningkatkan literasi sains mereka. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menghasilkan prototipe bahan ajar menggunakan pendekatan saintifik untuk mengeksplisitkan hakikat sains (NOS) dan berpikir kritis pada materi larutan penyangga serta mengetahui kelayakan prototipe bahan ajar yang dikembangkan. Penelitian pengembangan yang dilakukan menggunakan model 4D yang terdiri dari empat tahap yaitu tahap pendefinisian (define) perancangan (design) pengembangan (develop) dan diseminasi (disseminate). Namun model 4D yang digunakan dalam penelitian ini hanya terbatas sampai tahap develop. Bahan ajar yang telah dikembangkan divalidasi oleh dua orang dosen serta dua orang Guru Kimia SMA. Validasi dilakukan untuk memperoleh data berupa penilaian dan saran-saran dari validator. Hasil penelitian pengembangan terdiri dari buku siswa dan buku guru yang menggunakan pendekatan saintifik untuk mengeksplisitkan hakikat sains (NOS) dan berpikir kritis pada materi larutan penyangga. Dari hasil validasi bahan ajar secara keseluruhan diperoleh nilai rata-rata sebesar 90 46% untuk buku siswa dengan kriteria sangat layak dan 90 40% untuk buku guru dengan kriteria sangat layak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar pendekatan saintifik untuk mengeksplisitkan hakikat sains (NOS) dan berpikir kritis pada materi larutan penyangga telah layak untuk dilakukan uji lapangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22163

Actions (login required)

View Item View Item