Keefektifan konseling kelompok realitas untuk meningkatkan kesadaran bahaya perilaku membolos siswa di SMK Negeri 8 Malang / Mega Pratiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan konseling kelompok realitas untuk meningkatkan kesadaran bahaya perilaku membolos siswa di SMK Negeri 8 Malang / Mega Pratiwi

Pratiwi, Mega (2015) Keefektifan konseling kelompok realitas untuk meningkatkan kesadaran bahaya perilaku membolos siswa di SMK Negeri 8 Malang / Mega Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pratiwi Mega. 2015. Keefektifan Konseling Kelompok Realitas untuk Meningkatkan Kesadaran Bahaya Perilaku Membolos siswa di SMK Negeri 8 Malang. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. IM. Hambali M.Pd (II) Dr. M. Ramli M.A. Kata Kunci konseling kelompok realitas perilaku membolos. Perilaku membolos merupakan perilaku yang menunjukkan rendahnya kesadaran siswa untuk masuk sekolah serta mengikuti pelajaran berlangsung di kelas. Perilaku membolos merupakan salah satu bentuk dari perilaku yang tidak bertanggung jawab yang harus diselesaikan. Penggunaan konseling realitas membantu siswa berperilaku yang lebih bertanggung jawab serta mengajak siswa meningkatkan kesadarannya akan bahaya perilaku membolos dengan cara mengajak siswa menilai perilaku mereka serta menyusun rencana atau kontrak perilaku yang harus mereka laksanakan dalam upaya untuk mengurangi tingkah laku membolos. Di sini konselor memperlakukan individu dengan sikap penghargaan dan tanpa harus menyertakan sebuah hukuman. Tujuan penelitian ini untuk menguji keefektifan konseling kelompok realitas untuk meningkatkan kesadaran bahaya perilaku membolos siswa di SMK Negeri 8 Malang. Penelitian ini menggunakan one-group pretest-posttest design. Subjek dalam penelitian ini adalah lima siswa yang mempunyai tingkat kesadaran membolos yang rendah dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumentasi yaitu melihat presensi siswa. Observasi dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum perlakuan yang disebut pretest dan sesudah perlakuan yang disebut posttest. Hasil pretest dan posttest dilihat dari peningkatan skor pada skala kesadaran untuk tidak membolos. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji statistik inferensial non parametrik dengan uji beda two releated test wilcoxon untuk mengetahui perbedaan hasil pretest dan posttest. Hasil analisis data menunjukkan nilai probability error 0.043 (p 0.043 0.05) dengan demikian H0 ditolak dan terbukti bahwa terdapat perbedaan hasil pretest dan posttest pada siswa yang diberikan treatment. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan maka dapat diambil kesimpulan bahwa konseling kelompok realitas dapat meningkatkan kesadaran bahaya perilaku membolos siswa. Berdasarkan hasil tersebut maka disarankan pada (1) konselor untuk menggunakan konseling kelompok realitas sebagai salah satu pendekatan untuk membantu siswa yang memiliki kesadaran perilaku membolos yang rendah. (2) peneliti selanjutnya diharapkan perlakuan melalui proses konseling kelompok realitas dapat dilakukan lebih dari 4 kali pertemuan karena dalam penelitian ini masih belum maksimal pengurangan perilaku membolos siswa karena proses konseling kelompok realitas yang terlalu singkat 4 kali pertemuan dengan 6 tahapan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2216

Actions (login required)

View Item View Item