Pengembangan bahan ajar menggunakan Pendekatan Saintifik untuk mengeksplisitkan Hakikat Sains (NOS) dan berpikir kritis pada materi Hidrokarbon dan Minyak Bumi / Valentine Indah Febrylian - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar menggunakan Pendekatan Saintifik untuk mengeksplisitkan Hakikat Sains (NOS) dan berpikir kritis pada materi Hidrokarbon dan Minyak Bumi / Valentine Indah Febrylian

Febrylian, Valentine Indah (2015) Pengembangan bahan ajar menggunakan Pendekatan Saintifik untuk mengeksplisitkan Hakikat Sains (NOS) dan berpikir kritis pada materi Hidrokarbon dan Minyak Bumi / Valentine Indah Febrylian. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Febrylian Valientine Indah. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Pendekatan Saintifik untuk Mengeksplisitkan Hakikat Sains (NOS) dan Berpikir Kritis pada Materi Hidrokarbon dan Minyak Bumi. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Prayitno M.Pd. (II) Dra. Sri Rahayu M.Ed. Ph.D. Kata Kunci bahan ajar literasi sains pendekatan saintifik hakikat sains (NOS) berpikir kritis model 4D. Literasi sains merupakan tujuan utama pada pendidikan sains. Kebermaknaan pembelajaran sains dapat dicapai jika siswa memiliki kemampuan literasi sains yang baik. Hasil penelitian PISA (Programme for International Student Assessment) menunjukkan bahwa literasi sains siswa Indonesia masih relatif rendah dibandingkan dengan negara lain. Hal tersebut merupakan permasalahan pendidikan yang harus diselesaikan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan memberi penekanan pada komponen utama literasi sains dalam pembelajaran yakni hakikat sains (NOS) dan berpikir kritis. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa hakikat sains (NOS) dan berpikir kritis belumditekankan secara eksplisit dalam bahan ajar termasuk bahan ajar kimia. Oleh karena itu perlu dikembangkan bahan ajar menggunakan pendekatan saintifik untuk mengeksplisitkan hakikat sains (NOS) dan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan prototipe bahan ajar menggunakan pendekatan saintifik untuk mengeksplisitkan hakikat sains (NOS) dan berpikir kritis pada materi hidrokarbon dan minyak bumi dan mengetahui tingkat kelayakannya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dikembangkan dengan model 4D yang terdiri dari 4 tahap yaitu define (pembatasan) design (perancangan) develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Namun dalam pengembangan bahan ajar ini terbatas dilakukan sampai tahap develop tanpa melakukan tahap disseminate. Pada penelitian pengembangan ini diperoleh data kuantitatifberdasarkan skor angket tanggapan yang disusun berdasarkan skala Likert serta data kualitatif berdasarkan tanggapan dan saran perbaikan yang diisi oleh 2 validator ahli yaitu dosen dan 2 validator praktisi yaitu guru kimia SMA/MA. Hasil penelitian pengembangan ini berupa prototipe bahan ajar yang berupa buku siswa dan buku guru. Buku siswa berisi materi hidrokarbon dan minyak bumi sementara buku guru memuat profil bahan ajar petunjuk penggunaan bahan ajar silabus RPP dan instrumen penilaian. Hasil validasi menunjukkan bahwa buku siswa sangat layak untuk digunakan dengan memenuhi persentase sebesar 88 44%. Begitu pula dengan buku guru yang juga sangat layak untuk digunakan dengan memenuhi persentase sebesar 93 40%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar menggunakanpendekatan saintifik untuk mengeksplisitkan hakikat sains (NOS) dan berpikir kritis pada materi hidorkarbon dan minyak bumi hasil pengembangan ini telah layak untuk dilakukan uji lapangan. ABSTRACT Febrylian Valientine Indah. 2015. Development of Learning Material Using Scientific Approach to Make The Nature of Science (NOS) and Critical Thinking Explicit on Hydrocarbon and Petroleum Topic. Thesis Chemistry Department Faculty of Mathematics and Science State University of Malang. Advisors (I) Drs. Prayitno M.Pd. (II) Dra. Sri Rahayu M.Ed. Ph.D. Key word learning material scientific literacy scientific approach Nature of Science (NOS) critical thinking 4D models. Scientific literacy is a main purpose in science education. Learning process will be meaningfull when students have a good scientific literacy. The results of PISA research (Programme for International Student Assessment) show that scientific literacy of Indonesian students are lower compared than the result from other countries. This is an important problem that must be resolved. One effort that can be done to improve the scientific literacy is emphasize the Nature of Science (NOS) and critical thinking as main component of scientific literacy in learning process. In fact the Nature of Science (NOS) and critical thinking are components that less explicitly in chemistry learning material. Therefore we need to develop a learning material to make the Nature of Science (NOS) and critical thinking explicit. The purpose of this research was produce a prototype of learning material using scientific approach to make the Nature of Science (NOS) and critical thinking explicit on hydrocarbon and petroleum topics andto know the level of feasibility. 4D model was used as development model in this research and development. 4D model included the define design develop and disseminate phases. In this development we acquire quantitative data based on questionnaire which be filled by 2 experts and 2 practitioners and arranged in Likert scale. Qualitative data were acquired from 2 experts and 2 chemistry teachers on responses and suggestion. The results of this research and development were learning material prototype that consisted of students book and teacher s book. The students book contain hydrocarbon and petroleum topics and teacher s book contain learning material profile guide of usage of learning material syllabus RPP and assessment instrument. Validation result showed that student s book was very feasible with average score 88 44% and the teacher s book was very feasible with average score 93 40%. It can be concluded that the prototype of learning material using scientific approach to make the Nature of Science (NOS) and critical thinking explicit on hydrocarbon and petroleum topic had been feasible to be examined empirically.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22158

Actions (login required)

View Item View Item