Pengembangan nahan ajar Laju Reaksi berbasis Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) berdasarkan Kurtikulum 2013 / Rizki Efiarti Nurwidya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan nahan ajar Laju Reaksi berbasis Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) berdasarkan Kurtikulum 2013 / Rizki Efiarti Nurwidya

Nurwidya, Rizki Efiarti (2015) Pengembangan nahan ajar Laju Reaksi berbasis Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) berdasarkan Kurtikulum 2013 / Rizki Efiarti Nurwidya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nurwidya Rizki Efiarti. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Laju Reaksi Berbasis Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Berdasarkan Kurikulum 2013. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Fauziatul Fajaroh M.S. (2) Drs. Dermawan Afandy M.Pd. Kata kunci bahan ajar laju reaksi inkuiri terbimbing kurikulum 2013 Pembelajaran kimia harus memberikan pengalaman belajar melalui pengembangan sikap ilmiah berfikir ilmiah dan keterampilan kerja ilmiah. Sesuai dengan kurikulum 2013 kegiatan dalam pembelajaran kimia harus dilakukan dengan melibatkan proses mengamati menanya mencoba/mengumpulkan data/informasi mengasosiasi dan mengomunikasikan. Untuk memenuhi kriteria tersebut dibutuhkan bahan ajar yang sesuai. Inkuiri terbimbing merupakan salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan pola pembelajaran kimia pada kurikulum 2013. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar laju reaksi menggunakan pendekatan saintifik berbasis inkuiri terbimbing untuk SMA/MA kelas XI semester 1 dan untuk mengetahui tingkat kelayakan hasil pengembangan. Model pengembangan bahan ajar ini adalah model four-D yang terdiri dari 4 tahapan yaitu membatasi (to define) merancang (to design) mengembangkan (to develop) dan menyebarluaskan (to disseminate). Namun pengembangan bahan ajar ini hanya dilakukan sampai pada tahap ketiga. Desain validasi terdiri dari validasi isi dan uji keterbacaan terbatas. Validasi isi dan uji keterbacaan terbatas ditentukan berdasarkan kelayakan isi bahasa dan tata letak yang dinilai dengan menggunakan instrumen yaitu (1) lembar validasi yang berupa angket penilaian dan (2) lembar komentar atau saran validator terhadap bahan ajar. Produk hasil pengembangan berupa bahan ajar laju reaksi berbasis inkuiri terbimbing berdasarkan kurikulum 2013 yang terdiri dari buku guru dan buku siswa. Berdasarkan hasil analisa hasil validasi dan uji keterbacaan diperoleh rata-rata tingkat kelayakan sebesar 86 88% pada buku siswa 88 49% pada buku guru. Dari hasil uji keterbacaan pada 10 peserta didik diperoleh tingkat kelayakan sebesar 90 77%. Dengan demikian buku siswa dan buku guru laju reaksi berbasis inkuiri terbimbing berdasarkan kurikulum 2013 memiliki kriteria sangat layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22156

Actions (login required)

View Item View Item