Pengembangan bahan ajar menggunakan Pendelkatan Saintifik untuk mengeksplisitkan Hakikat Sain (NOS) dan berpikir kritis pada materi Kesetimbangan Kimia / Wachidian Arisa Nurkasaputri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar menggunakan Pendelkatan Saintifik untuk mengeksplisitkan Hakikat Sain (NOS) dan berpikir kritis pada materi Kesetimbangan Kimia / Wachidian Arisa Nurkasaputri

Nurkasaputri, Wachidian Arisa (2015) Pengembangan bahan ajar menggunakan Pendelkatan Saintifik untuk mengeksplisitkan Hakikat Sain (NOS) dan berpikir kritis pada materi Kesetimbangan Kimia / Wachidian Arisa Nurkasaputri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nurkasaputri Wachidian Arisa. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Pendekatan Saintifik untuk Mengeksplisitkan Hakikat Sains (NOS) dan Berpikir Kritis pada Materi Kesetimbangan Kimia. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sri Rahayu M.Ed Ph.D (II) Neena Zakia S.Si. M.Si. Kata Kunci bahan ajar literasi sains hakikat sains berpikir kritis scientific approach model 4D Dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia siswa di berbagai jenjang pendidikan dibekali bermacam-macam ilmu pengetahuan salah satunya adalah ilmu kimia. Namun kenyataannya pendidikan sains di Indonesia termasuk kimia belum mampu meningkatkan kemampuan literasi sains siswa. Hal tersebut didasari atas hasil PISA yang menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains siswa di Indonesia sangat rendah dibandingkan dengan negara-negara lain. Selain itu bahan ajar kimia yang ada di Indonesia lebih banyak memunculkan aspek empiris dibandingkan dengan aspek hakikat sains. Oleh karena itu pembelajaran sains harus dapat merubah siswa agar mampu berpikir kritis memahami aspek hakikat sains dan menggunakan sains layaknya seorang ilmuwan sehingga berdampak pada peningkatan kemampuan literasi sains siswa. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mengembangkan bahan ajarmenggunakan pendekatan saintifikuntuk mengeksplisitkan aspek hakikat sains (NOS) dan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan prototipe bahan ajar menggunakan pendekatan saintifik untuk mengeksplisitkan hakikat sains (NOS) dan berpikir kritis pada materi kesetimbangan kimia dan untuk mengetahui tingkat kelayakan dari prototipe yang dikembangkan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari empat tahap yaitu define (tahap pembatasan) design (tahap perancangan) develop (tahap pengembangan) dan disseminate (tahap penyebaran). Tahapan pengembangan yang dilakukan dalam penelitian ini hanya terbatas sampai tahap develop(tahap pengembangan) sedangkan tahap disseminate(tahap penyebaran) tidak dilakukan. Bahan ajar yang dikembangkan divalidasi oleh 2 orang dosen sebagai validator ahli dan 2 orang guru kimia SMA sebagai pengguna. Validasi dilakukan untuk mengetahui tingkat kelayakan dari prototipe yang dikembangkan.Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa lembar validasi yang terdiri dari skala penilaian dan kolom komentar/saran. Produk hasil pengembangan pada penelitian ini berupa prototipe buku siswa dan buku guru.Buku siswa disusun dengan menggunakan alur pembelajaran pendekatan saintifik dengan memasukkan secara jelas aspek-aspek NOS serta dilengkapi soal-soal berpikir kritis. Buku guru berisi profil bahan ajar panduan materi silabus serta RPP yang memudahkan guru menerapkan buku siswa dalam pembelajaran di kelas. Berdasarkan hasil validasi buku siswamemperoleh persentase rata-rata 86 8% dengan kriteria sangat layak sedangkan buku guru memperoleh persentase rata-rata 89 0% dengan kriteria sangat layak. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa prototipe bahan ajar menggunakan pendekatan saintifik untuk mengeksplisitkan hakikat sains (NOS) dan berpikir kritis pada materi kesetimbangan kimia telah layak untuk dilakukan uji lapangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22155

Actions (login required)

View Item View Item