Identifikasi kesalahan konsep Stoikiometri siswa kelas X MAN 2 Kota Batu menggunakan Two-Tier Multiple Choice Diagnostic Instrument / Marisa Lidia Anggarwati - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi kesalahan konsep Stoikiometri siswa kelas X MAN 2 Kota Batu menggunakan Two-Tier Multiple Choice Diagnostic Instrument / Marisa Lidia Anggarwati

Anggarwati, Marisa Lidia (2015) Identifikasi kesalahan konsep Stoikiometri siswa kelas X MAN 2 Kota Batu menggunakan Two-Tier Multiple Choice Diagnostic Instrument / Marisa Lidia Anggarwati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anggarwati Marisa Lidia. 2015. Identifikasi Kesalahan Konsep Stoikiometri Siswa Kelas XMAN 2 Kota BatuMenggunakan Two-Tier Multiple Choice Diagnostic Instrument. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematikan dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Muntholib S.Pd. M.Si (2) Eli Hendrik Sanjaya S.Si. M.Si. Kata Kunci kesalahan konsep stoikiometri two-tier Ilmu kimia memiliki konsep-konsep yang terkait satu dengan yang lain sehingga pemahaman terhadap suatu konsep akan berpengaruh terhadap konsep berikutnya. Konsep-konsep kimia dapat benar-benar dipahami apabila konsep dasar telah dipahami sebelumnya salah satu konsep dasar kimia adalah stoikiometri. Kesalahan konsep stoikiometri dikhawatirkan dapat mempengaruhi pemahamanmateri-materi selanjutnya. Oleh karena itu perlu dilakukan identifikasi kesalahan konsep stoikiometri yang terjadi pada siswa. Salah satu tes diagnostik untuk mengetahui kesalahan konsep siswa adalahtwo-tier multiple choice diagnostic instrument. Instrumen ini terdiri dari dua bagian bagian pertama terdiri dari pertanyaan dan pilihan jawaban sedangkanbagian kedua terdiri dari alternatif alasan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui tingkat pemahaman konsep yang terjadi pada siswa kelas X MAN 2 Kota Batu dalam memahami materi stoikiometri dan (2) mengetahui kesalahan konsep yang terjadi pada siswa kelas X MAN 2 Kota Batu dalam memahami materi stoikiometri. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian adalah siswa kelas X.1 dan X.2 MAN 2 Kota Batu. Data dikumpulkan dengan menggunakan menggunakan tes terbuka wawancara dan instrumen diagnostik two-tier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman siswa terhadap hukum-hukum dasar kimia tergolong tinggi (73 84%) persamaan reaksi kimia tergolong tinggi (78 70%) massa atom relatif dan massa molekul relatif tergolong tinggi (62 70%) konsep mol tergolong cukup (53 94%) massa molar tergolong rendah (34 36%) volume molar tergolong tinggi (78 70%) rumus empiris tergolong cukup (49 07%) rumus molekul tergolong cukup (53 70%) penentuan kadar zat tergolong tinggi(93 52%) dan pereaksi pembatas tergolong tinggi (95 06%). Sedangkan kesalahan konsep yang terjadi adalah sebagai berikut massa zat hasil reaksi lebih kecil dari massa sebelum direaksikan karena terbentuk gas di akhir reaksi ataupun terbentuknya abu yang massanya lebih rendah massa zat hasil reaksi lebih besar dari massa sebelum direaksikan karena terbentuknya zat baru perbandingan massa unsur-unsur dalam senyawa tidak selalu tetap volumegas total sebelum dan sesudah reaksi sama jumlah partikel tidak tergantung pada jumlah mol senyawa ionik tersusun atas molekul atau atom jumlah ion total dalam 1 mol senyawa ionik sama dengan bilangan Avogadro massa molar tidak memiliki satuan mol tidak berpengaruh dalam perhitungan volume rumus empiris menyatakan jenis-jenis atom penyusun senyawa rumus molekul merupakan perbandingan nomor atom tiap unsur-unsur penyusunnya dan rumus molekul merupakan perbandingan massa atom relatif tiap unsur-unsur penyusunnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22151

Actions (login required)

View Item View Item