Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap minat dan prestasi belajar siswa kelas X SMAN 7 Malang pada materi Reaksi Redoks dan tata Nama Senyawa Kimia / Mukhamad Nasir - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap minat dan prestasi belajar siswa kelas X SMAN 7 Malang pada materi Reaksi Redoks dan tata Nama Senyawa Kimia / Mukhamad Nasir

Nasir, Mukhamad (2015) Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap minat dan prestasi belajar siswa kelas X SMAN 7 Malang pada materi Reaksi Redoks dan tata Nama Senyawa Kimia / Mukhamad Nasir. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nasir Mukhamad. 2015. PengaruhPenerapan Model PembelajaranKooperatifTipe Think Pair Share TerhadapMinatdanPrestasiBelajarSiswaKelas X SMAN 7 Malang padaMateriReaksiRedoksdan Tata NamaSenyawa Kimia.Skripsi Jurusan Kimia FMIPA UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dra. Srini M. Iskandar M.Sc Ph.D.(II) Drs. Muhadi. Kata Kunci model Think Pair Share prestasibelajar minatbelajar reaksi redoksdantatanamasenyawakimia Pembelajarankimia di SMAN 7 Malang umumnyamasihmenggunakan model konvensionalyang mengakibatkanminatbelajarsiswarendah keaktifandanketerlibatansiswadalam proses pembelajarankurangsehinggaprestasibelajarmerekatidakmemenuhiharapan untukmeningkatkankualitasbelajarsiswadiperlukansuatuinovasidalam proses pembelajaran guru harusbisamemilihdanmenerapkan model pembelajaran yang sesuaidengankebutuhan di kelas. Salah satu model pembelajaran yang dapatdigunakanadalah model pembelajarankooperatiftipeThink Pair Share.Model Think Pair Sharemendorongsiswauntuklebihaktifdanberperandalam proses pembelajaran. Penelitianinidilaksanakanbertujuan (1) mengetahuiketerlaksanaanpenerapan model pembelajarankooperatiftipeThink Pair Sharedan model pembelajaranceramahdantanyajawabpadamaterireaksiredoksdantatanamasenyawakimia (2) mengetahuipengaruhpenerapanmodel pembelajarankooperatiftipeThink Pair Sharedan model pembelajaranceramahdantanyajawabterhadapminatdanprestasibelajarsiswa. Rancanganpenelitian yang digunakanadalaheksperimentalsemudenganpost-test only control group design. Populasipenelitianadalahseluruhkelas X SMAN 7 Malang.PengambilansampeldilakukandenganteknikCluster Random Sampling.Sampel yang digunakanadalah 2 kelasyaitukelas X-MIA 4 sebagaikelaskontroldankelas X-MIA 5 sebagaikelaseksperimen.Waktupelaksanaanpenelitianadalah 19 Januari 2015 sampai 23 Februari 2015.Instrumen yang digunakanyaituinstrumenperlakuanberupasilabus rencanapelaksanaanpembelajaran(RPP) handout danlembarkerjasiswa(LKS) daninstrumenpengukuranberupasoaltes soalkuis lembarobservasi danangket. Teknikanalisis data penelitiandilakukandengancaraanalisisstatistikdandeskriptif. Analisisstatistikdilakukandenganbantuan program SPSS 16 for Windows. Pengujianhipotesismenggunakanindependent samples t-testpadatingkatsignifikansi 0 05. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1) keterlaksanaan model pembelajarankooperatiftipeThink Pair Sharedan model pembelajaranceramahdantanyajawabberlangsungsangatbaik (2) adaperbedaanprestasibelajarantarakelas yang dibelajarkanmenggunakan model pembelajarankooperatiftipeThink Pair Sharedankelas yang dibelajarkanmenggunakan model pembelajaranceramahdantanyajawab (3)adaperbedaanminatbelajarantarakelas yang dibelajarkanmenggunakan model pembelajarankooperatiftipeThink Pair Sharedankelas yang dibelajarkanmenggunakan model pembelajaranceramahdantanyajawab.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22150

Actions (login required)

View Item View Item