Prabandari, Nikentari (2015) Keefektifan penggunaan model konseling ringkas berfokus solusi untuk meningkatkan percaya diri siswa kelas VII di SMP Negeri 9 Malang / Nikentari Prabandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Prabandari Nikentari. 2015. Keefektifan Penggunaan Model Konseling Ringkas Berfokus Solusi untuk Meningkatkan Percaya diri Siswa.Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Triyono M.Pd.(II) Irene Maya Simon S.Pd M.Pd Kata kunci konseling ringkas berfokus solusi percaya diri Percaya diri merupakan kunci utama kesuksesan seseorang. Percaya diri seseorang dipengaruhi oleh masa perkembangan yang sedang dilaluinya terutama bagi remaja awal yang berada pada masa puber. Masa puber yaitu suatu tahap dalam perkembangan dimana terjadi kematangan alat-alat seksual dan tercapai kemampuan reproduksi. Remaja yang tadinya sangat yakin pada diri sendiri sekarang menjadi kurang percaya diri dan takut akan kegagalan. Hal ini terjadi karena daya tahan fisik menurun dan adanya kritik yang datang dari orang tua dan teman-temannya. Berdasarkan hasil rekomendasi dari konselor SMP Negeri 9 Malang diketahui percaya diri siswa kelas VII tergolong rendah terutama pada siswa kelas VII E hal ini terlihat saat siswa mengikuti pelajaran sebagian siswa bersikap pasif grogi dan malu saat diminta untuk menjawab pertanyaan dari guru. Banyak cara untuk mengatasi kurang percaya diri tersebut salah satunya adalah dengan menciptakan pemikiran siswa untuk menentukan tujuan yang spesifik bagi dirinya dengan pemberian konseling ringkas berfokus solusi.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas konseling ringkas berfokus solusi dalam meningkatkan percaya diri siswa di SMP Negeri 9 Malang. Penelitian ini menggunakan one-group pretest-posttest design. Dengan melihat keadaan sebelum diberikannya perlakuan dan sesudah diberikan perlakuan.Hasil pretest dan posttest dapat dilihat dari peningkatan skor pada skala percaya diri dengan ditunjukkan pada masing-masing subjek dengan memiliki tingkat skor yang signifikan mulai dari 80-100. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji statistik inferensisal non parametric dengan menggunakan uji beda two releated test wilcoxon untuk mengetahui perbedaan hasil pretest dan posttest. Hasil analisis data menunjukkan nilai probability error 0.039 (p 0.039 0.05) dengan demikian H0 ditolak dan terbukti bahwa terdapat perbedaan hasil pretest dan posttest pada siswa yang diberikan treatment. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan maka dapat diambil kesimpulan bahwa konseling ringkas berfokus solusi dapat meningkatkan percaya diri siswa secara efektif. Berdasarkan hasil tersebut maka disarankan pada (1) konselor untuk menggunakan konseling ringkas berfokus solusi sebagai salah satu pendekatan dalam memberikan layanan konseling (2) peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian dalam skala subjek yang lebih besar dan lebih luas agar pelatihan yang diberikan benar-benar bermanfaat dan tepat sasaran serta mampu meningkatkan percaya diri.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Sep 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/2215 |
Actions (login required)
View Item |